Toyota Segera Bangun Pabrik di Meksiko

Selasa, 24 Maret 2015 - 10:03 WIB
Toyota Segera Bangun...
Toyota Segera Bangun Pabrik di Meksiko
A A A
TOKYO - Toyota Motor telah menyelesaikan rencana pembangunan pabrik perakitan mobil penumpang pertama di Meksiko. Rencana itu dapat disetujui direksi paling cepat bulan depan.

Pabrik itu akan membuat sedan Corolla dan mulai produksi pada 2019. Berdasarkan investasi terbaru para pesaing, termasuk Volkswagen, pabrik perakitan baru akan membutuhkan investasi lebih dari USD1 miliar untuk Toyota. Lampu hijau untuk pabrik itu akan memberi sinyal diakhirinya pembekuan ekspansi 3 tahun yang diberlakukan Presiden Toyota Akio Toyoda yang menganggap ekspansi agresif satu dekade lalu mengakibatkan penurunan kualitas dan krisis penarikan produk pada 2009.

Toyoda tahun lalu meminta para perencana meninjau ulang proyek tersebut. Dia meminta para eksekutif mendorong lebih banyak produksi dari pabrikpabrik yang sudah ada. Toyota merupakan produsen automotif yang belum memiliki pusat produksi utama di Meksiko. Negara itu menarik para produsen mobil dan supplier karena biaya buruh yang murah dan akses bebas tarif ke Amerika Serikat (AS), pasar tunggal terbesar Toyota.

Perusahaan asal Jepang itu memiliki pabrik di Baja California, Meksiko, yang memproduksi truk pikap Tacoma, tapi tidak memiliki pabrik mobil penumpang. ”Tahun lalu Pemerintah Meksiko membuka sekitar lima lokasi potensial untuk pabrik baru dan para eksekutif Toyota memusatkan perhatian pada lokasi di Guanajuato,” ungkap dua orang sumber dengan isu tersebut, dikutip kantor berita Reuters.

Delegasi para eksekutif Toyota baru-baru ini menghabiskan waktu sepekan di Guanajuato dan masih berunding dengan para pejabat pemerintah lokal tentang potensi lahan yang dapat digunakan oleh perusahaan Jepang tersebut. ”Kami selalu mengevaluasi kapasitas produksi kami di Meksiko dan di Amerika Utara secara umum, untuk menyesuaikan kebutuhan pasar, tapi tidak ada keputusan yang telah dibuat saat ini,” papar Juru Bicara Toyota Itsuki Kurosu.

Pejabat di Kementerian Ekonomi Meksiko belum memberikan komentar tentang rencana Toyota membuka pabrik baru di negara tersebut. Juru Bicara Departemen Pembangunan Ekonomi Guanajuato menolak memberikan komentar. Pabrik di Meksiko itu akan memproduksi generasi baru Corolla yang juga dibuat di Jepang.

Toyota menjelaskan, perusahaannya mampu menjual sekitar 340.000 mobil Corolla tahun lalu di AS saja. Mazda Motor juga membuka pabrik perakitan di Guanajuato tahun lalu yang akan memproduksi mobil untuk Toyota sesuai kesepakatan kedua perusahaan. Pada Juni tahun lalu Daimler dan Nissan Motor juga mengumumkan rencana membangun pabrik patungan untuk memproduksi mobil berukuran kecil di Meksiko dengan biaya USD1,4 miliar.

Gelombang investasi baru oleh para perusahaan automotif itu telah membawa ratusan supplier suku cadang asal Jepang ke Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Produksi automotif di Meksiko meningkat dua kali lipat menjadi lebih 3 juta mobil per tahun dalam lima tahun hingga 2014.

Syarifudin
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7906 seconds (0.1#10.140)