Yunani Serahkan Paket Reformasi Senin Depan

Rabu, 25 Maret 2015 - 09:27 WIB
Yunani Serahkan Paket Reformasi Senin Depan
Yunani Serahkan Paket Reformasi Senin Depan
A A A
ATHENA - Yunani akan menyerahkan paket reformasi untuk para mitra zona euro pada Senin depan (30/3) untuk membuka kucuran bantuan keuangan. Bantuan keuangan saat ini sangat dibutuhkan Yunani yang sedang mengalami krisis ekonomi dan menghindari negara itu keluar dari zona euro.

”Ini akan dilakukan pada Senin (30/3),” ungkap juru bicara pemerintah Yunani Gabriel Sakellaridis kepada Mega TV . Pemerintah Yunani dan para kreditor zona euro sepakat pekan lalu bahwa Athena akan menyerahkan daftar langkah reformasi agar memiliki dampak anggaran serupa dengan langkah yang telah disepakati pemerintahan sebelumnya. Athena berusaha menyelesaikan daftar langkah reformasi itu sebelum kas negara kosong yang diperkirakan terjadi dalam beberapa pekan mendatang jika tidak mendapat bantuan tambahan.

Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin awal pekan ini tapi Sakellaridis menjelaskan, keduanya hanya membahas garis besar reformasi tanpa mengkaji lebih dalam. ”Saya yakin berbagai poin kesamaan ditemukan,” tuturnya, dikutip kantor berita AFP. Reformasi merupakan isu politik yang sangat sensitif bagi Tsipras yang berjanji mengakhiri kebijakan penghematan sebelum akhirnya terpaksa menerima perpanjangan program bailout dengan ancaman keruntuhan sektor perbankan.

Sakellaridis menuturkan, paket reformasi Yunani tidak akan mengandung langkah yang menandakan resesi tapi hanya perubahan struktural. Jika para kreditor Yunani menganggap langkah reformasi itu dapat memberikan dampak serupa dengan langkah yang disepakati sebelumnya, Athena akan mendapatkan tambahan pinjaman dari zona euro dan Dana Moneter Internasional (IMF), sehingga mampu menghindari kebangkrutan.

Kemarin surat kabar Kathimerini menjelaskan, Athena akan meminta Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) untuk menyerahkan kembali 1,2 miliar euro dari total 10,9 miliar euro yang sebagian besar obligasi EFSF untuk dana penyelamatan perbankan yang dikembalikan bulan lalu. Yunani yakin dana penyelamatan harus dikembalikan hanya 9,7 miliar euro dari sisa yang ada sebagai dana tunai daripada obligasi EFSF. Dana itu dikembalikan pada EFSF bulan lalu sebagai bagian kesepakatan grup euro pada 20 Februari yang memperpanjang bailout Yunani selama empat bulan.

Sebelumnya dilaporkan, Tsipras memperingatkan Kanselir Jerman Angela Merkel melalui surat bahwa Athena tidak akan mampu membayar utang tanpa bantuan keuangan dari Uni Eropa (UE). Surat kabar Finansial Times melaporkan hal itu dengan menyatakan memiliki salinan surat bertanggal 15 Maret tersebut.

Dalam surat tersebut Tsipras memperingatkan, pemerintahannya akan terpaksa memilih antara melunasi utang, meminjam kepada Dana Moneter Internasional (IMF), atau melanjutkan belanja sosial. ”Dengan surat ini, saya mendesak Anda agar tidak memaksakan isu arus kas kecil ini dan masalah kelambanan kelembagaan, untuk tidak memahami masalah besar bagi Yunani dan Eropa,” tulis Tsipras, dikutip kantor berita AFP .

syarifudin
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6234 seconds (0.1#10.140)