Rumah Luas dengan Model Vila

Rabu, 25 Maret 2015 - 13:08 WIB
Rumah Luas dengan Model Vila
Rumah Luas dengan Model Vila
A A A
Pertanyaan:
Yth Pak Probo, saya punya lahan ukuran 12 x 25 meter. Saya berniat membangun rumah 2 lantai. Lantai 1 saya ingin ada satu kamar dan satu kamar mandi, garasi, dapur, ruang keluarga, dan ruang tamu. Lantai 2 ada kamar utama, satu kamar anak. Saya ingin ada halaman depan dan belakang yang luas. Terima kasih.

Rusdigamal Jawaban:
Yth Bapak Rusdi Gamal, Pada saat kita mendesain rumah, baik bersama arsitek, apalagi mendesain sendiri, sering kali kita terpola pada ruang-ruang yang biasa kita dapatkan di rumah-rumah tinggal. Biasanya kita mendesain rumah dengan “aturan hierarki”, yaitu pertama ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur diletakkan di belakang.

Dewasa ini kita mengenal tipe rumah vila. Rumah tersebut tidak dipakai hidup sehari-hari sehingga dapur pun tidak harus lengkap, garasi bisa tidak ada, dan kesannya rumah adalah rumah taman dan bersifat menyegarkan. Untuk desain ini, kesan vila tersebut dibawa dengan strategi tertentu, yaitu mengumpulkan ruang-ruang servis di area bawah rumah.

Garasi, kamar pembantu, gudang, dan area servis lain diletakkan di bawah. Adapun di bagian atas adalah ruang-ruang rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar-kamar. Khusus untuk dapur terdapat dapur bersih dan dapur kotor. Dapur yang bersih berfungsi seperti pantry yang bersih selalu, sesuai untuk menunjang estetika interior rumah.

Jadi, seluruh ruang untuk hidup ada di lantai 1, dan ruang-ruang servis ada di lantai bawah yang akan menjadikan lantai 1 bebas dari fungsi yang sifatnya servis. Adanya ruang keluarga yang berada di belakang juga bisa memberikan nuansa ala vila karena ruang keluarga memiliki pemandangan bebas ke arah taman belakang. Demikian, semoga desain ini bisa membantu Bapak.

Probo Hindarto
astudioarchitect.com@gmail.com HP 0812524475
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3998 seconds (0.1#10.140)