Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan mulai 11 April

Rabu, 08 April 2015 - 20:27 WIB
Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan mulai 11 April
Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan mulai 11 April
A A A
SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan membuka penjualan tiket kereta api (KA) Lebaran mulai 11 April 2015. Bahkan, KAI sudah menyiapkan ratusan ribu tempat duduk untuk Lebaran.

"Terhitung mulai 11 April 2015, tiket Lebaran H-7 sudah mulai bisa dipesan," kata Vice Presiden PT KAI Daop IV Semarang Apriyanto Wedi Chresnanto, Rabu (8/4/2015).

Dia menjelaskan, PT KAI saat ini menyiapkan setidaknya 170 ribu tempat duduk untuk para penumpang yang akan melakukan kegiatan mudik Lebaran 2015. Angka 170 ribu tempat duduk yang sekarang disediakan merupakan kondisi tempat duduk bagi kereta api reguler.

Angka ini dipastikan akan bertambah mengingat akan disiapkan kembali kereta api tambahan yang akan beroperasi di angkutan Lebaran nanti.

Untuk operasional KA tambahan, lanjut dia, yang akan beroperasi di angkutan Lebaran ini masih menunggu operasionalnya dengan surat keputusan dari kantor pusat PT KAI. "Jadi untuk tempat duduk bagi KA, masih belum bisa diakses," ucapnya.

Dia mengatakan, PT KAI sengaja lebih awal membuka penjualan tiket KA Lebaran, dikarenakan untuk memberikan kesempatan kepada masyarkat untuk bisa mendapatkan tiket KA tanpa harus berdesak-desakan.

Apriyanto berharap, dengan mulai dibukanya pembelian tiket KA Lebaran, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik.

Humas PT KAI Daop IV Semarang Suprapto mengatakan, terkait mulai pemesanan tiket Lebaran tersebut, PT KAI Daop IV Semarang menyiagakan stand satu loket stasiun yang khusus melayani pemesanan. Loket khusus tersebut berada di Tegal, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu dan Bojonegoro. "Loket tiket ini buka 24 jam," ucapnya.

Suprapto menyatakan, karena jumlah loket yang disiagakan hanya satu, maka pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang ingin membeli tiket pemesanan untuk angkutan Lebaran bisa membeli tiket di saluran channel eksternal.

"Pembelian bisa melalui Indomaret, Alfamaret, Kantor Pos, Kantor Pegadaian, agen-agen tiket, saluran internet melalui situs kereta api dan lainnya," jelas dia.

Pembelian disaluran eksternal tersebut dimaksudkan agar masyarakat tidak lagi berdesak-desakan serta mengantre ketika membeli tiket. Keuntungan lainnya dengan membeli di saluran eksternal adalah akses kecepatan untuk mendapatkan tiket yang cepat dan harga tiket untuk KA komersial yang lebih murah dibanding jika membeli di loket stasiun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7346 seconds (0.1#10.140)