OCBC NISP Perkuat Permodalan dari Dividen

Jum'at, 10 April 2015 - 09:20 WIB
OCBC NISP Perkuat Permodalan dari Dividen
OCBC NISP Perkuat Permodalan dari Dividen
A A A
JAKARTA - PT Bank OCBC NISP Tbk terus memperkuat permodalan dengan menahan dividen dari perolehan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun pada tahun buku 2014.

Setelah dikurangi cadangan umum sebesar Rp100 miliar, keseluruhan laba bersih ditetapkan sebagai laba ditahan oleh perseroan. Presiden Direktur OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, hingga10tahunmenjadi emiten, pihaknya belum akan memberikan dividen ke pemegang saham. Perolehan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun pada 2014 digunakan untuk memperkuat permodalan. Upaya memperkuat permodalan ini dilakukan untuk menjaga rasio kecukupan modal (CAR) tetap di atas level 13%.

“Kami butuh penguatan modal sehingga fleksibel untuk melakukan ekspansi bisnis bank dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, sekaligus meredam gejolak yang mungkin muncul. Per akhir tahun lalu posisi CAR perseroan ada di level 18,7%,” ujar Parwati seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Menara OCBC NISP, Jakarta, kemarin. Dia mengatakan, alasan lain penguatan modal juga demi mengantisipasi aturan Basel III yang sangat butuh penguatan modal.

Bank OCBC NISP mencatat kenaikan laba bersih sebesar 17% menjadi Rp1,3 triliun pada 2014, naik dibanding periode sebelumnya sebesar Rp1,1 triliun di 2013. Kinerja ini didorong oleh pertumbuhan kredit sebesar 7% (YoY) menjadi Rp68,4 triliun dari Rp64 triliun. “Kami menjaga kualitas kredit sehingga tingkat NPL (net) berada dalam posisi yang rendah pada level 0,8% di akhir 2014,” terangnya.

Dalam RUPST kemarin juga ditetapkan jajaran komisaris dan direksi tetap pada posisi yang sama. Presiden Direktur NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, penetapan komposisi tersebut berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham (RUPS).

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7113 seconds (0.1#10.140)