Korporasi Perlu Dukungan Pasar Modal

Senin, 13 April 2015 - 11:57 WIB
Korporasi Perlu Dukungan Pasar Modal
Korporasi Perlu Dukungan Pasar Modal
A A A
JAKARTA - Sektor korporasi perlu mendapat dukungan tambahan pembiayaan jangka panjang dari sektor pasar modal.

Langkah tersebut untuk menambah pembiayaan yang sudah diberikan sektor perbankan. ”Kita harus mengupayakan terwujudnya keseimbangan yang baik antara industri perbankan dan pasar modal (strike the balance) dalam memberikan pembiayaan sektor korporasi. Kita membutuhkan pasar modal yang lebih berkembang untuk menyediakan alternatif sumber pembiayaan jangka panjang yang kurang dapat disediakan oleh industri perbankan namun pembiayaan dari perbankan tetap akan dibutuhkan bagi sektor korporasi yang tidak terlayani oleh pasar modal,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Muliaman mengungkapkan haltersebutsaat berbicaradalam pertemuan perwakilan dari G- 20 dan negara-negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dalam G-20/ OECD Corporate Governance Forum di Istanbul, Turki, akhir pekan lalu. Menurutnya, dalam dua dekade terakhir emerging markettelah menunjukkan perkembangan yang signifikan menuju intermediasi keuangan yang lebih berbasis pasar (market based financial intermediation).

”Hal ini sejalan dengan upaya beberapa yurisdiksi dalam membangun pasar ekuitas dan obligasi domestik yang lebih dalam,” paparnya . Menurutnya, bank melawan market based financing adalah perdebatan lama. Setiap pasar akan memiliki ketergantungan dan evolusinya sendiri-sendiri. Pada akhirnya pilihan perusahaan akan tergantung pada biaya mengakses pasar untuk mengumpulkan dana dan juga fleksibilitas serta kecepatan untuk mendapatkan dana.

Hatim varabi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3516 seconds (0.1#10.140)