PT KAI Belum Bisa Atasi Joki Tiket Kereta

Senin, 13 April 2015 - 20:36 WIB
PT KAI Belum Bisa Atasi...
PT KAI Belum Bisa Atasi Joki Tiket Kereta
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan tidak akan ada praktik percaloan pada Lebaran tahun ini. Namun, yang belum bisa mereka atasi adalah joki tiket kereta api (KA).

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Praktik pencaloan tertutup lantaran sistem pembelian tiket sudah cukup canggih menggunakan sistem online. Terbaru hadirnya mesin e-kiosk yang saat ini sudah ada di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

"Kalau dengan adanya alat-alat secanggih ini calo hampir tidak mungkin ada ya," ujar Edi di Jakarta, Senin (13/4/2015).

Meski demikian, masih ada yang belum bisa dikendalikan PT KAI, yakni praktik joki. Edi menjelaskan, pihaknya serba salah karena joki menjadi satu hal yang sudah menjadi hak setiap pembeli jika tidak mau mengantre dalam pembelian tiket.

"Sekarang gini, kalau ada orang tidak mau mengantre tiket, kemudian dia suruh keponakannya atau kakaknya beli dengan dikasih persenan uang. Emangnya kita bisa larang itu? Kan enggak," beber Edi.

Pria yang hobi mengenakan sepatu sport di kala bertugas ini menegaskan, PT KAI akan terus meningkatkan kualitas pengecekan para calon penumpang dengan meningkatkan petugas pengecekan saat perayaan Lebaran.

Untuk mengurangi antrean loket, pihak PT KAI akan menambah jumlah e-kiosk secara bertahap.

"Kita akan bertahap menambah jumlahnya ke wilayah barat, mulai dari Manggarai, nanti ke Bogor. Ke depan juga ada di Bandung, lalu ini akan ada di seluruh stasiun," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)