Pemerintah Didesak Keluarkan Kebijakan Ekonomi

Selasa, 14 April 2015 - 06:17 WIB
Pemerintah Didesak Keluarkan Kebijakan Ekonomi
Pemerintah Didesak Keluarkan Kebijakan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) menyatakan, pemerintah harus segera menyiapkan kebijakan ekonomi untuk mengatasi pelemahan dunia usaha.

Mereka mengungkapkan, prioritas pertama adalah mengamankan nilai tukar rupiah. Kemudian mengurangi ketergantungan impor, serta memikirkan strategi kebijakan untuk mewujudkan stabilitas ekonomi nasional agar tidak rapuh dan gampang bergejolak.

"Mestinya ini bisa diformulasikan dengan baik dipaket kebijakan, dan ini bisa mendorong sektor riil kita untuk lebih produktif. Sehingga ekonomi kita bisa bergerak," ujar pengamat ekonomi AEPI Kusfiardi Sutan Majo Endah, Senin (13/4/2015).

Namun, lanjut dia, hingga saat ini belum ada langkah dari pemerintah terutama dalam menggerakkan industri keuangan supaya bisa memacu produktivitas Indonesia di sektor riil.

Menurut Kusfiardi, pemerintah tidak sensitif atas realitas perekonomian saat ini dan cenderung hanya ingin menempuh cara-cara yang instan. "Sayangnya, cara itu tidak dilayani dengan positif oleh pengusaha dan investor. Ini karena mereka juga tidak bisa ngapa-ngapain," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1486 seconds (0.1#10.140)