Groundbreaking KEK Mandalika Agustus

Rabu, 15 April 2015 - 09:45 WIB
Groundbreaking KEK Mandalika Agustus
Groundbreaking KEK Mandalika Agustus
A A A
BOGOR - Pemerintah menyepakati pelaksanaan groundbreaking Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai Agustus 2015. Selain itu, telah disetujui suntikan dana infrastruktur senilai Rp1,8 triliun untuk mengembangkan wilayah tersebut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pasca kunjungan Presiden Joko Widodo ke Mandalika pekan lalu, dia bersama Menteri BUMN dan pimpinan PT Indonesia Tourism Development Center (ITDC) melakukan rapat bersama Presiden guna menindaklanjuti komitmen pengembangan KEK Mandalika.

”Ada dua hal yang sudah terkonfirmasi dan disetujui presiden yakni groundbreaking Mandalika pada Agustus 2015 dan injeksi dana Rp1,8 triliun untuk pembangunan infrastruktur dasar di Mandalika,” ujarnya di sela-sela workshop jurnalis pariwisata di Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Sebelumnya, saat kunjungan ke Mandalika, Presiden Jokowi mengumumkan akan memberikan suntikan dana tambahan Rp1,8 triliun agar fasilitas infrastruktur dasarnya semakin memadai. ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika diharapkan bisa menggunakan dana itu untukpembangunaninfrastruktur dasar sehingga bisa menarik investor untuk masuk.

Direktur Perancangan Destinasi dan Investasi Kementerian Pariwisata Frans Teguh mengatakan, sejauh ini investor yang sudah berkomitmen berinvestasi di Mandalika di antaranya MNC Group dan Grup Gobel, serta beberapa investor asing seperti dari China dan Korea Selatan. ”ITDC bertugas mencari sebanyak-banyaknya mitra untuk membangun kawasan tersebut dan itu ditargetkan tiga tahun.

Kalau enggak terealisasi, mungkin akan dievaluasi ulang dan akan ada semacam perubahan kebijakan,” ujarnya. Frans menambahkan, rencana groundbreaking yang akan dilakukan pada Agustus mendatang adalah groundbreaking dari hotel yang proyek pembangunannya dikelola oleh ITDC. ”Nanti ada sekitar 4–5 hotel yang akan dibangun di sana, nah yang mau groundbreaking adalah hotel yang dimodali ITDC,” sebutnya.

Inda susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)