Tips Tepat Merancang Ventilasi

Rabu, 15 April 2015 - 10:37 WIB
Tips Tepat Merancang...
Tips Tepat Merancang Ventilasi
A A A
1. Pilih jenis bukaan. Selain pintu dan jendela yang banyak dipilih menjadi bukaan pada dinding, ada juga skylight sebagai bukaan pada atap. Skylight bisa ditempatkan di ruangan yang tidak berbatasan langsung dengan ruang luar seperti koridor atau kamar mandi.

2. Tempatkan pada posisi yang tepat. Penempatan bukaan harus memperhatikan kondisi lingkungan, yaitu arah matahari, angin, letak halaman depan atau belakang, serta tata letak ruang.

3. Besar bukaan. Bukaan yang lebar bakal memasukkan cahaya dan udara secara maksimal. Namun, Anda tetap harus mencermati arah angin dan matahari. Jangan sampai terlalu banyak cahaya dan angin yang masuk, yang akan membuat silau serta mengganggu kenyamanan. Anda bisa mengakalinya dengan penempatan kisi-kisi atau jalusi agar udara yang masuk dapat diatur.

4. Estetika. Penempatan bukaan akan memengaruhi bentuk rumah. Desain bukaan yang tepat akan menambah nilai estetika sebuah rumah. Jumlah, bentuk, ukuran, bahan, serta warna bukaan juga harus diselaraskan dengan konsep arsitektur hunian.

April/berbagai sumber
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8002 seconds (0.1#10.140)