Desain Rumah Satu Lantai di Lahan 8 x 15 M

Rabu, 15 April 2015 - 10:38 WIB
Desain Rumah Satu Lantai di Lahan 8 x 15 M
Desain Rumah Satu Lantai di Lahan 8 x 15 M
A A A
Pertanyaan:
Dear, Pak Probo Hindarto. Saya mempunyai tanah 8 x 15 meter. Saya punya rencana membangun rumah dengan 1 kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak, 2 kamar mandi, ruang keluarga, dan garasi mobil tertutup. Kira-kira saya harus menyiapkan dana berapa? Sebenarnya saya sudah mencoba merancang sendiri, tapi saya ragu karena saya hanya coba-coba. Terima kasih atas bantuannya.
Regards, Ari Mujiono

Jawaban:
Yth Bapak Ari Mujiono. Desain rumah 8 x 15 meter dengan 3 kamar tidur dan semua ruang berada di lantai 1 merupakan desain di mana kita harus banyak berkompromi agar desain terasa enak. Untuk itu, sebenarnya desain ini sudah berkompromi dengan meniadakan area taman yang diperlukan demi membuat rumah terasa indah.

Namun ada sedikit area tangga yang fungsinya sebagai taman mungil sekaligus untuk memasukkan udara dan cahaya alami ke dalam ruangruang di sekitarnya. Apabila kita lihat, dalam desain denah untuk ukuran lahan ini dan kebutuhan ruang yang harus ada, akan susah untuk mendapatkan garasi yang tertutup. Karena itu barangkali pilihannya jatuh pada carport.

Adapun untuk desain rumah ini, atap yang dipilih adalah atap pelana, yaitu atap dua sisi di mana kesannya akan menjadi atap yang sederhana seperti rumahrumah lama. Untuk kesan yang modern diberikan aksen berupa kisi-kisi yang juga berfungsi sebagai penghalang panas agar rumah menjadi lebih dingin.

Adalah baik juga untuk membuat lubang pada dinding atap sebelah depan dan belakang agar udara panas di dalam atap bisa bersilang dan atap menjadi lebih dingin. Kesan rumah yang modern juga dipilihkan dari kesan garis-garis yang kuat yang hadir dari desain pagar dengan unsur kayu, yang bisa diganti dengan material lisplank yang biasa dipakai untuk bagian lisplank atap.

Dengan demikian, tercipta nuansa modern yang sedikit perdesaan. Video animasi desain ini dapat dilihat melalui link https://youtu.be/ECOOJbjZpZM.

Salam, Probo Hindarto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)