Memperkuat Jaringan Profesional

Jum'at, 24 April 2015 - 09:08 WIB
Memperkuat Jaringan Profesional
Memperkuat Jaringan Profesional
A A A
Seorang eksekutif profesional akan membentuk orang-orang yang berada di sekelilingnya. Sebaliknya, ia dibentuk oleh orangorang yang mengelilinginya.

Jika dia seorang yang lemah dan labil maka dia yang dibentuk. Sebaliknya, jika dia seorang yang kuat mental dan karakteristiknya maka dia yang akan membentuk. Seorang pemimpin pada umumnya sangat menyukai dikelililingi orang-orang yang pandai menyenangkan hatinya, sehingga dia merasa tersanjung. Padahal, semakin ia menyukai sanjungan anak buah dan pengikutnya, semakin berbahaya situasi dan kondisinya, karena dia akan semakin terisolasi dan hanya mengandalkan orang-orang yang dekat dengannya yang pandai menjilat.

Jika sudah begitu, informasi akan disortir, hanya yang baikbaik saja sehingga sang pemimpin akan kehilangan objektivitas. Akibatnya, berbagai keputusan bisa bertolak belakang dan jauh dari harapan para pengikutnya dan tidak jarang justru menyengsarakan mereka. Sejarah berulang. Jika kita menyimak dan menggali kisahkisah kerajaan dahulu baik itu di luar maupun di dalam negeri, para pemimpin bertipe diktator akan menyingkirkan para pengkritik yang dianggap musuhnya.

Mereka alergi dan tabu terhadap kritik karena dianggap memperlemah bahkan mengancam posisinya. Sesungguhnya lingkaran sekeliling yang baik membuka pintu lebar-lebar bagi sang pemimpin berhubungan langsung dengan para pengikutnya. Namun, lingkaran yang tidak baik akan sangat membatasi dan bahkan menutup semua celah bagi sang pemimpin berhubungan langsung dengan pengikut, bawahan atau rakyat.

Oleh karena itu, ketika Anda dalam posisi top eksekutif, perlu mewaspadai dan membangun lingkungan terdekat dengan orang-orang yang memperkuat profesionalisme sebagai eksekutif dan pemimpin perusahaan yang efektif. Berikut adalah tujuh tipe orang yang akan melengkapi, membantu dan membangun reputasi Anda menurut Dele Lowman Smith, penulis kolom manajemen dan kepemimpinan di Inc. Pertama, the Connector. Adalah mereka yang mengenal setiap orang dan karenanya dapat menolong Anda untuk menghubungkan diri dengan siapa Anda ingin berhubungan.

Dia berkepribadian terbuka, riang dan menyenangkan bagi siapa pun untuk berbicara dengannya. Kedua, the Informer. Mereka yang sangat memperhatikan dan mengumpulkan berbagai informasi baik melalui media cetak, elektronik, sosial media dan menyeleksi kemudian mengirimkan kepada Anda berita-berita breaking news sehingga Anda mengetahui keadaan yang sedang berlangsung bahkan sebagian real time sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk mengambil sebuah keputusan dalam keadaan darurat.

Ketiga, the Expert. Adalah mereka yang rajin membaca dan mempelajari sejarah termasuk hal-hal yang tidak diketahui secara umum seperti sejarah berdirinya perusahaan, para pendiri dan pendobrak, perjalanan dan perkembangan perusahaan, saat-saat kritis dan turn-around yang terjadi dan membuat perusahaan berubah menjadi besar dan terkenal. Keempat, the Believer.

Mereka adalah orang-orang yang percaya kepada Anda, kepada kemampuan, tidak mudah menerima berita buruk tentang Anda bahkan mereka membentengi Anda terhadap kritik dan fitnah yang tidak berdasar. Mereka bukan penjilat yang hanya menyenangkan hati di depan Anda. Kelima, the Truth Teller. Adalah orang-orang yang berbicara benar, apa adanya. Biasanya agak kaku dan keras kepala.

Anda mungkin kurang suka dengannya karena mereka jarang berbicara manismanis memuji kehebatan Anda. Mereka justru banyak memperingatkan agar Anda berhati-hati terhadap berita yang menyesatkan. Namun, jika Anda ingin mengetahui keadaan sebenarnya, merekalah orang yang tepat untuk diajak bicara.

Keenam, the Partner in Crime. Ini adalah ungkapan bagi mereka yang menjadi teman Anda di kala suka dan duka, kadang bukan teman dekat namun pada waktu Anda menemui kesulitan tidak segan mengulurkan pertolongannya kepada Anda. Ketujuh, the Coach. Mereka yang cukup berpengalaman dalam bidangnya, bukan hanya secara teori namun praktik. Anda tidak mungkin menguasai segala bidang dengan keterbatasan Anda.

Anda juga tidak mungkin mempunyai cukup waktu untuk menjalani dan mengalami semuanya, oleh karena itu Anda memerlukan orang-orang yang mengerti, berpengalaman dan berwawasan luas dalam bidang yang sekarang menjadi tanggung jawab Anda. Itulah ketujuh tipe orang yang akan membantu dalam membangun reputasi baik Anda. Namun pada kenyataannya tidak mudah untuk mengumpulkan semuanya, oleh karena itu Anda perlu memprioritaskan mana-mana yang paling Anda perlukan.

Ada orang-orang yang memiliki karakteristik dan kemampuan lebih dari satu, dan untuk sementara memenuhi lebih dari satu tipe yang Anda perlukan. Juga tentunya Anda sendiri memiliki tipe tersendiri dari ketujuh tipe yang diperlukan sehingga Anda tidak memerlukannya dari orang lain atau Anda dapat menundanya kemudian.

Namun, dengan berjalannya waktu dan dengan semakin perlunya fokus pada tanggung jawab utama sebagai top eksekutif maka sebaiknya Anda memperlengkapi dengan ketujuhnya agar Anda dapat bekerja lebih objektif dan efektif. ?

DR ELIEZER H HARDJO PhD, CM
Ketua Dewan Juri Rekor Bisnis (ReBi) & The Institute of Certified Professional Managers (ICPM)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)