Tren Minyak Dunia Stabil, Harga BBM Tak Naik Awal Mei

Rabu, 29 April 2015 - 17:11 WIB
Tren Minyak Dunia Stabil,...
Tren Minyak Dunia Stabil, Harga BBM Tak Naik Awal Mei
A A A
JAKARTA - Pemerintah menegaskan jika menengok tren harga minyak dunia, maka tidak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada awal Mei.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menuturkan, akan tetap mempertahankan harga BBM pada bulan depan. Namun demikian, tren harga minyak masih terus dalam kajian Kementerian ESDM.

"BBM kami terus kaji. Tapi jika melihat tren harusnya tidak ada kenaikan," kata dia di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Menurut dia, pertimbangan tidak adanya kenaikan harga BBM lantaran nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dalam kondisi membaik. Di samping itu, fluktuasi harga minyak belum memberi implikasi besar, sehingga tidak perlu melakukan penyesuaian harga BBM.

"Ini rupiahnya sudah membaik. Harga minyak dunia trennya juga tidak begitu naik. Jadi kami tetap mempertahankan harga," ungkap Sudirman.

Sebagai informasi, pemerintah pada akhir Maret lalu menaikan harga BBM jenis premium sebesar Rp500/liter menjadi Rp7.400/liter di luar Jawa dan Rp7.300 di wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali).

Sudirman menjelaskan, pemerintah juga tidak akan menurunkan harga BBM, mengingat jika terlalu cepat melakukan penyesuaian harga akan berdampak pada psikologis masyarakat.

"Kalau turun orang nanti pasti marah, naik juga akan marah . Kami usahakan stabil," jelasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)