BI Antisipasi Transaksi Valas Musiman di Kuartal II

Kamis, 07 Mei 2015 - 18:04 WIB
BI Antisipasi Transaksi...
BI Antisipasi Transaksi Valas Musiman di Kuartal II
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menegaskan akan mengantisipasi transaksi valuta asing (valas) musiman secara besar-besaran, yang biasa terjadi pada kuartal II/2015. Hal ini untuk menghindari tekanan terhadap rupiah dan menyebabkannya kembali terkapar.

Gubernur BI Agus Martowardojo menjelaskan, pada kuartal II setiap tahun berjalan akan ada transaksi valas dalam jumlah besar ke luar negeri. Transaksi tersebut baik dalam bentuk bunga atau dalam pembayaran dividen ke luar negeri.‎

"‎Itu sudah satu transaksi musiman.‎ Karena itu pada saat di kuartal II tahunan kita harus siapkan diri," ucapnya di gedung BI, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Menurut Agus, yang tidak diinginkannya adalah perusahaan melakukan kewajiban pembelian valas lewat transaksi spot. Sebab, mekanisme tersebut tidak direncanakan sebelumnya dan membuat tekanan dolar lebih tinggi.

"‎Semua minta dilakukan pada hari yang sama itu akan membuat tekanan dolar yang tinggi. Kalau sudah lindung nilai itu sudah bisa dilakukan satu tahun sebelumnya sudah dibuat kontrak, sehingga nanti saat kewajiban jatuh waktu dia sudah punya dolar terhadap nilai tukar tertentu dan itu bisa menghindari risiko nilai tukar sendiri," imbuh dia.

Agus mengatakan, rencana investasi pemerintah secara besar-besaran untuk proyek infrastruktur pada periode ini pun berpotensi mengakibatkan impor lebih meningkat dan akan menekan transaksi berjalan.

"Namun pemerintah menyepakati bahwa pemerintah atau BI akan menjaga agar transaksi berjalan ada di tingkat sehat, yaitu antara minimal 3% sampai minimal 2,5% dari PDB," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0284 seconds (0.1#10.140)