Sempat Usir Wartawan, Pasangan Calon Independen Gagal Maju

Kamis, 18 Juni 2015 - 02:00 WIB
Sempat Usir Wartawan, Pasangan Calon Independen Gagal Maju
Sempat Usir Wartawan, Pasangan Calon Independen Gagal Maju
A A A
KENDAL - Pasangan calon bupati-wakil bupati Kendal Hambali-Nanang Fardiansyah yang maju lewat jalur independen dipastikan gagal mengikuti bursa pemilihan bupati (Pilbup) Kendal 2015.

Pasalnya, jumlah dukungan yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat tidak sesuai dengan persyaratan.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Wahidin Said mengatakan bahwa pasangan calon bupati dan wakil bupati independen telah menyerahkan berkas syarat dukungan, Senin 15 Juni 2015 sekitar pukul 15.45 WIB.

Setelah berkas syarat dukungan tersebut dihitung hingga, Selasa 16 Juni 2015, ternyata jumlah KTP dan pernyataan dukungan hanya 65.666, belum memenuhi persyaratan minimal yakni sebanyak 71.043.

"Sebelumnya, pasangan calon independen menyampaikan menyerahkan sepuluh ribu lebih syarat dukungan. Tapi setelah dihitung hanya 65.666 saja," ujarnya, Rabu (17/6/2015).

Dijelaskan, penghitungan dilakukan oleh KPU dengan disaksikan tim calon independen, Panwaslu dan polisi.

"Padahal sesuai dengan Peraturan KPU No 9 tahun 2015 tentang Pencalonan Kepala Daerah, minimal yang harus diserahkan sebanyak 71.043," lanjutnya.

Untuk itu, karena tidak memenuhi persyaratan, maka dinyatakan batal dan pihak KPU tidak melanjutkan proses selanjutnya. "Berkas formal tidak memenuhi, sehingga tidak dilakukan proses selanjutnya," sebutnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kendal Supriyadi menyampaikan, pihaknya juga ikut menyaksikan penghitungan berkas syarat dukungan pasangan calon independen.

"Memang kurang, belum sesuai jumlah minimal persyaratan. Karena sudah melebihi tanggal maksimal penyerahan, yakni 15 Juni, maka Kendal tidak ada calon bupati independen," tandasnya.

Padahal, saat melakukan penyerahan berkas dukungan, pasangan calon ini sempat mengusir sejumlah wartawan dari ruangan KPU yang hendak meliput. Bahkan, dengan penuh percaya diri, mengaku membawa jumlah dukungan melebihi 10.000.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4008 seconds (0.1#10.140)