3 Kelebihan Gerbong KRL Bekas dari Jepang Dibandingkan Buatan PT INKA

Senin, 13 Maret 2023 - 16:55 WIB
Pengadaan gerbong KRL bekas dari Jepang disebut memiliki sejumlah keunggulan dibanding membeli produk lokal. Foto/Ilustrasi/MPI/Faisal Rahman
JAKARTA - Sejumlah kelebihan dimiliki KRL bekas dari Jepang jika dibandingkan dengan buatan PT INKA . Salah satu kelebihan yang paling siginifakn adalah dari sisi harganya yang lebih kompetitif.

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) diketahui berencana mengimpor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang. Namun, rencana impor tersebut menjadi polemik dengan adanya perbedaan pandangan di antara kementerian terkait.



Terlepas dari pro dan kontra, gerbong KRL bekas dari Jepang memang memiliki sejumlah kelebihan. Berikut tiga kelebihan gerbong KRL bekas dari Jepang jika dibandingkan buatan PT INKA:

1. Harganya Lebih Murah



Perbandingan harga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki gerbong KRL bekas asal Jepang. Pasalnya, perbedaan harga terbilang signifikan.

Pengamat transportasi publik dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno sebelumnya mengungkapkan bahwa perkiraan harga 1 trainset baru yang terdiri atas 10 atau 12 gerbong dapat mencapai Rp260 hingga Rp270 miliar.

Sementara, harga kereta bekas yang akan diimpor diperkirakan hanya Rp1 miliar per set. Artinya, untuk satu rangkaian penuh hanya membutuhkan biaya sekitar Rp10 hingga Rp12 miliar. Angka tersebut memang belum termasuk sejumlah biaya tambahan seperti untuk pergantian fasilitas dan sejenisnya. Namun, jelas ada perbedaan harga yang cukup besar.

2. Kedatangannya Lebih Cepat
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More