5 Negara BRICS dengan Ekonomi Terkuat, Siapa Paling Unggul?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:33 WIB
Negara BRICS dengan ekonomi terkuat. Foto/China Today
JAKARTA - BRICS merupakan kelompok ekonomi yang beranggotakan lima negara berkembang terkemuka di dunia. Kelima negara tersebut yaitu Brasil, Rusia, India, China , dan Afrika Selatan.

Tujuan utama didirikan organisasi ini yaitu untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hingga reformasi institusi keuangan internasional. Seiring berjalannya waktu, ekonomi dari kelima negara anggota BRICS pun kini semakin berkembang.

Berikut ini adalah negara BRICS dengan ekonomi terkuat di antara anggota lainnya.

Negara BRICS dengan Ekonomi Terkuat



1. China





China merupakan salah satu negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi di antara negara-negara BRICS, dengan USD16,86 triliun pada tahun 2021. China juga merupakan negara dengan PDB kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

China juga memiliki peranan penting dalam aliansi ekonomi BRICS, dengan berkontribusi secara substansial terhadap kemajuan BRICS dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di seluruh dunia.

Beberapa peran China dalam BRICS antara lain sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi, investor infrastruktur, mitra kerja sama keuangan dan perbankan, pengembang teknologi dan inovasi, dan pemimpin diplomasi global.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More