3 Jalan Tol Legendaris di Indonesia, Paling Tua Beroperasi Sejak 1978

Selasa, 05 September 2023 - 17:55 WIB
Jalan Tol Jagorawi menjadi jalan tol tertua di Indonesia. Foto/Dok
JAKARTA - Jalan tol punya banyak fungsi penting. Jalan tol , bukan sekadar penghubung antar-daerah, tapi juga menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi.



Fungsi-fungsi itulah yang belakangan ini membuat masifnya pembangunan jalan tol baru. Pembangunan jalan tol sendiri sudah dilakukan sejak tahun 70-an dan mulai beroperasi tahun 1978.

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (5/9/2023), berikut tiga jalan tol legendaris dan tertua di Indonesia:

1. Jagorawi



Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi atau yang dikenal Tol Jagorawi sepanjang 59 Km merupakan Jalan tol pertama dan tertua di Indonesia. Tol ini telah beroperasi sejak tahun 1978 dan masih beroperasi sampai saat ini.

Jalan Tol Jagorawi telah tersambung dengan banyak ruas tol lainnya, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

2. Jalan Tol Semarang ABC

Jalan Tol Semarang ABC sepanjang 24,75 km dioperasikan sejak tahun 1983 dan merupakan Jalan Tol kedua yang beroperasi di Indonesia setelah Jalan Tol Jagorawi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More