Pegang Keketuan ACMF, OJK Siapkan 3 Inisiatif Pasar Modal ASEAN

Senin, 16 Oktober 2023 - 11:35 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pemegang keketuaan Indonesia dalam ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) tahun 2023 bakal meluncurkan tiga inisiatif. Foto/Dok
BALI - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) selaku pemegang keketuaan Indonesia dalam ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) tahun 2023 bakal meluncurkan tiga inisiatif terkait pendalaman pasar moda l berkelanjutan sebagai pedoman regulator di kawasan Asia Tenggara.

Ketiganya adalah ASEAN Transition Finance Guidance, Handbook for ASEAN CIS-SRF for ASEAN Green Lane, dan Revised ASEAN Corporate Governance Scorecard.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi mengatakan, agenda ini menjadi wadah untuk mengharmonisasi kebijakan regulator pasar modal se-ASEAN.

"Memang tujuan utamanya adalah bagaimana mengharmonisasi regulasi di antara regulator di ASEAN. Ada beberapa milestone dan peluncuran, handbook untuk transisi, dan juga yang lain," kata Inarno saat ditemui di sela-sela acara ACMF, Senin (16/10/2023).





Berdasarkan data yang dihimpun IDXChannel, ASEAN Transition Finance Guidance adalah pedoman bagi regulator pasar modal di Asia Tenggara dalam menerapkan sistem keuangan berkelanjutan .

Kawasan yang memiliki nilai produk domestik bruto (PDB) sebesar USD3,6 triliun ini merupakan salah satu regional paling rentan terhadap dampak perubahan iklim. OJK beberapa waktu lalu mengungkap bahwa dalam jangka panjang diperkirakan akan berdampak pada perekonomian negara-negara anggotanya.

Sehingga diperlukan 'common languageā€ di kawasan ASEAN untuk memacu kegiatan ekonomi dan instrumen keuangan yang berkelanjutan terutama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Inisiatif kedua adalah Handbook ASEAN Collective Investment Scheme - Sustainable and Responsible Fund (CIS-SRF) for Green Lane yang merupakan buku saku.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More