3 Negara Pemberi Utang ke Israel, AS Mendominasi

Kamis, 30 November 2023 - 14:53 WIB
Ada sejumlah negara pemberi utang ke Israel untuk membantu dalam invasi Palestina. Foto/REUTERS
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara pemberi utang ke Israel untuk membantu dalam invasi Palestina. Negara pemberi utang tersebut tentunya berasal dari negara maju.

Amerika Serikat (AS) menjadi negara yang sudah banyak membantu Israel dalam misinya. Negara ini tidak hanya membantu secara finansial saja, tetapi juga mendukung Israel melalui jalur politik dunia.

Selain Amerika rupanya ada beberapa negara maju lainnya yang diketahui membantu Israel. Adapun deretan negara yang telah memberi utang kepada Israel adalah sebagai berikut.

Tiga Negara Pemberi Utang ke Negara Israel



1. Amerika Serikat





Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak memberikan bantuan militer dan ekonomi kepada Israel sejak Perang Dunia II. Pada tahun 2020, AS memberikan USD3,8 miliar (sekitar Rp55 triliun) kepada Israel di mana hampir seluruhnya adalah bantuan militer.



AS juga mendukung Israel dalam konflik dengan Palestina dan negara-negara Arab lainnya, serta mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Alasan AS mendukung Israel adalah karena kepentingan strategis, politik, dan ideologis di Timur Tengah.

2. Inggris

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More