Dilanda Resesi, Ini Perbandingan Ekonomi Jepang vs Jerman

Senin, 19 Februari 2024 - 13:44 WIB
Jerman dan Jepang, dua negara maju dengan perekonomian terbesar di dunia mengalami resesi. FOTO/Ilustrasi
JAKARTA - Perbandingan ekonomi Jepang vs Jerman yang tengah terkena terpaan resesi menarik untuk diketahui. Keterpurukan ekonomi kedua negara maju tersebut sebenarnya telah terdeteksi sejak akhir tahun lalu.

Resesi di kedua negara maju itu disebabkan oleh kontraksi ekonomi yang terjadi di tahun 2023, akibat inflasi yang terus menerus berkembang ditambah dengan melemahnya konsumsi dan belanja modal.



Meski begitu, Jerman sampai saat ini masih mampu mempertahankan predikatnya sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Sementara, Jepang sebagai negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia harus kehilangan peringkatnya.

Perbandingan Ekonomi Jepang vs Jerman

1. Resesi Jepang





Mengutip Reuters, Jepang secara tak terduga tergelincir ke dalam resesi pada akhir tahun lalu, membuatnya kehilangan predikatnya sebagai negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia. Produk domestik bruto (PDB) Jepang turun 0,4% secara tahunan pada periode Oktober-Desember 2023 setelah penurunan 3,3% pada kuartal sebelumnya. Data pemerintah memperkirakan kenaikan sebesar 1,4%.

Kontraksi dua kuartal berturut-turut biasanya dianggap sebagai definisi resesi teknis. Ekonom Neil Newman mengatakan kepada BBC bahwa angka terbaru menunjukkan bahwa perekonomian Jepang bernilai sekitar USD4,2 triliun pada tahun 2023, sedangkan Jerman bernilai USD4,4 triliun.

Hal ini disebabkan oleh melemahnya mata uang Jepang terhadap dolar dan jika yen pulih, negara tersebut dapat memperoleh kembali posisi nomor tiga, tambah Newman.

2. Resesi Jerman

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More