Dedolarisasi Menggila, China dan Rusia Makin Semangat Buang Dolar

Senin, 20 Mei 2024 - 10:36 WIB
Rusia dan China semakin bersemangat melanjutkan dedolarisasi. FOTO/iStock Photo
JAKARTA - Rusia dan China berkomitmen untuk terus melanjutkan dedolarisasi dalam perdagangan kedua negara. Juru bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov kepada saluran TV Izvestia mengungkapkan, lebih dari 90% perdagangan antara Rusia dan China dilakukan dalam rubel dan yuan, dan proses dedolarisasi hubungan perdagangan antara kedua negara akan terus berlanjut.

"Lebih dari 90% perdagangan antara Rusia dan China sekarang sudah dilakukan dalam yuan, dengan sebagian besar dalam yuan dan sebagian kecil dalam rubel. Proses dedolarisasi ini akan terus berlanjut," katanya di sela-sela Pameran Rusia-China ke-VIII di Harbin, China dikutip dari TASS, Senin (20/5/2024).





Tak hanya itu, Peskov juga memuji kerja sama antara wilayah-wilayah Rusia dan provinsi-provinsi di China dan menekankan kontribusinya terhadap pengembangan wilayah-wilayah Rusia yang berbatasan dengan China.

Baca Juga: Teka-teki Presiden Iran Ebrahim Raisi Masih Hidup atau Meninggal usai Kecelakaan Helikopter

Dia menegaskan dalam hubungan antara kedua negara ada banyak bidang yang menjanjikan keuntungan bersama, yang menurutnya, perusahaan-perusahaan dari kedua negara memahami. Dedolarisasi sebagai ekosistem moneter yang terdesentralisasi paling cepat akan menjadi kebijakan resmi BRICS+ pada 2025.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More