Jokowi Ungkap Keppres IKN Belum Rampung, Nanti Bisa Diteken Prabowo

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:45 WIB
Jokowi mengungkapkan Keppres pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN belum rampung. Keppres tersebut nanti bisa saja diteken Prabowo sebagai presiden terpilih. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan keputusan presiden (Keppres) terkait pemindahan Ibu Kota Negara ( IKN ) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur masih belum rampung. Jokowi hingga kini belum menandatangani Keppres tersebut.

"Belum," kata Jokowi dalam keterangannya saat kunjungan kerja ke IKN, Rabu (5/6/2024).

Jokowi mengatakan bahwa Keppres tersebut bisa saja ditandatangani sendiri, atau presiden terpilih Prabowo Subianto.



"Bisa saya nanti yang menandatangani. Bisa nanti juga presiden terpilih pemerintahan baru yang menandatangani," kata Jokowi.



Diberitakan sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Purwono mengatakan bahwa DKI Jakarta masih tetap menjadi Ibu Kota negara sampai dengan diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut menanggapi perihal Jakarta yang dinilai sudah kehilangan status sebagai Daerah Khusus Ibu Kota atau DKI implikasi dari berlakunya Undang-Undang Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Berdasarkan Pasal 39 UU IKN, DKI Jakarta tetap sebagai ibu kota negara sampai dengan terbitnya Keppres pemindahan IKN ke Nusantara," kata Dini dalam keterangannya, Kamis (7/3/2024).

"Kapan persisnya Keppres akan terbit, bergantung sepenuhnya kepada kewenangan Presiden," sambungnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More