Sri Mulyani: Prabowo Janji Bakal Jaga Defisit APBN di Bawah 3%

Senin, 24 Juni 2024 - 15:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan presiden terpilih Prabowo Subianto telah berkomitmen untuk menjaga defisit APBN di bawah 3%. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji akan menjaga defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di bawah 3% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit APBN yang rendah tersebut merupakan komitmen bersama yang sudah dibicarakan sebelumnya.

"Kami sudah menyampaikan kepada presiden terpilih. Ini komitmen yang sama dan kita sudah sampaikan juga, yaitu komit terhadap defisit di bawah 3%," ungkap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025 di Jakarta, Senin (24/6/2024).





Sri Mulyani menjelaskan dalam asumsi makro RAPBN 2025 sejauh ini pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyepakati defisit APBN berada di kisaran 2,29-2,82% terhadap PDB. "Postur RAPBN 2025 masih dalam range," katanya.

Sri Mulyani juga menepis kabar yang beredar bahwa rasio utang bakal meningkat hingga 50% terhadap produk domestik bruto (PDB) di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi kami lakukan terus menerus dengan tim Presiden terpilih ini menunjukkan bahwa tidak ada gap antara RUU yang kita susun di bawah Presiden Jokowi dengan program prioritas yang ingin dan akan dilaksanakan oleh pemerintahan baru," kata Sri Mulyani.

Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran Thomas Djiwandono pada kesempatan yang sama memastikan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran tidak akan menaikkan rasio utang hingga capai 50% terhadap PDB.

"Itu tidak mungkin. Intinya, kami tetap berkomitmen mengenai target-target yang sudah direncanakan pemerintah kini dan akan disepakati DPR nanti," kata Thomas.

Baca Juga: Defisit APBN per Mei 2024 Capai Rp21,8 Triliun, Menkeu Sebut Pendapatan Negara Tertekan

Dia menegaskan pemerintahan Prabowo berkomitmen memenuhi target-target yang direncanakan pemerintah saat ini dan telah disepakati oleh DPR RI dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 nanti.

"Intinya kami berkomitmen mengenai target-target yang akan direncanakan pemerintah kini dan telah disepakati oleh DPR nanti," ujar Thomas.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More