Bisnis Barang Mewah Lesu, Harta Bos Louis Vuitton Lenyap Rp174 Triliun

Jum'at, 19 Juli 2024 - 12:00 WIB
Bernard Arnault tidak lagi menjadi yang teratas dalam hal miliarder dunia. FOTO/AP
JAKARTA - Bernard Arnault tidak lagi menjadi yang teratas sebagai seorang miliarder . Pendiri LVMH atau Louis Vuitton telah melihat kekayaan bersihnya anjlok tahun ini, bagian dari penurunan yang lebih besar di pasar barang mewah yang telah menyebabkan para miliarder di bidang ini kehilangan USD24 miliar pada 2024.

Berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg, kekayaan bos LVMH, Bernard Arnault turun USD10,8 miliar atau setara Rp174 triliun dari tahun ke tahun, dengan kekayaannya mencapai USD197 miliar. Dia sekarang berada di belakang Elon Musk USD270 miliar dan Jeff Bezos USD215 miliar.

Bersama dengan Arnault, miliarder barang mewah seperti Françoise Bettencourt Meyers dan François-Henri Pinault juga mengalami kemerosotan. Pada akhir tahun lalu, Bettencourt Meyers menjadi wanita pertama yang memiliki kekayaan senilai USD100 miliar, namun kekayaan bersihnya turun menjadi USD89,9 miliar.





Pinault telah melihat kekayaannya berkurang setengahnya selama tiga tahun terakhir dan kini kekayaannya mencapai USD27,6 miliar. Secara keseluruhan, enam orang dalam peringkat Bloomberg yang menghasilkan uang dari barang-barang mewah mengalami penurunan kekayaan kumulatif sebesar 5 persen tahun ini.

Sementara, 500 orang lainnya dari kelompok ini telah mengalami peningkatan kekayaan bersih sebesar 13 persen, atau USD1 triliun. Kesenjangan antara kedua kelompok ini tidak terlalu besar sejak Mei 2022, kata outlet tersebut.

Banyak merek yang sedang berjuang, dengan LVMH milik Arnault melaporkan pertumbuhan penjualan yang lebih lambat di bidang fesyen dan barang-barang kulit pada kuartal I-2024. Sementara, L'Oreal milik Bettencourt Meyers mengalami perlambatan di seluruh dunia dan pada titik harga yang berbeda. Perusahaan ini membawahi merek yang sama dengan namanya, serta label-label seperti Lancôme, Yves Saint Laurent, dan lainnya. Pinault mengatakan pada awal tahun memperkirakan laba akan turun pada paruh pertama tahun 2024.



LVMH, L'Oreal, dan grup-grup lain akan merilis laporan keuangan mereka akhir bulan ini. Namun, musim ini diawali dengan awal yang kurang baik, dengan Burberry mengganti CEO-nya sebagai tanggapan atas peringatan laba dan Swatch mencatat penurunan penjualan dan laba. Konsumen tidak membelanjakan uangnya sebanyak biasanya untuk barang-barang mewah, dan para miliarder ini merasakan dampaknya pada dompet mereka sendiri.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More