Ini 5 Ladang Gas Raksasa di Rusia, Dua Diantaranya Terbesar di Dunia

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 10:50 WIB
Rusia memiliki 2 ladang gas raksasa terbesar di dunia. Foto/Dok
JAKARTA - Rusia merupakan negara produsen gas alam terbesar kedua di dunia dengan total prosuksi mencapai 586 miliar meter kubik pada 2023. Gas alam ini merupakan sumber pendapatan terbesar kedua Rusia setelah minyak.

Nilai ekspor gas alam Rusia mencapai 145 miliar euro dari 24 Februari 2022 hingga 18 Juni 2024. Dengan nilai ekspor tersebut menempatkan Rusia di peringkat ke dua sebagai negara pengekspor gas alam dengan jaringan pipa. Capaian ini membuat Negara beruang merah ini sangat bergantung pada pendapatan dari minyak dan gas alam, yang pada tahun 2021 mencapai 45% dari anggaran federal Rusia.

Produksi gas alam Rusia sebagaian besar dikendalikan oleh Gazprom dan Novatek. Dua perusahaan itu merupakan produsen gas utama Rusia, tetapi banyak perusahaan minyak Rusia, termasuk Rosneft, juga mengoperasikan fasilitas produksi gas.





Saat ini perusahan tersebuut sedang banyak melakukan eksplorasi ke bebera wilayah di Rusia. Namun, secara historis, produksi terkonsentrasi di Siberia Barat, tetapi investasi telah bergeser dalam dekade terakhir ke Yamal dan Siberia Timur serta Timur Jauh, serta Arktik lepas pantai.

Berikut 5 profil energi ladang gas alam terbesar di wilayah Rusia.

Ladang Gas Urengoy

Mengutip NS Energy Business, ladang Urengoyskoe terletak di Cekungan Siberia Barat bagian utara di Okrug Otonomi Yamalo-Nenets. Dioperasikan oleh Gazprom, ladangg gas ini ditemukan pada tahun 1966 yang tersebar di 12.000 kmĀ². Ladang ini juga dianggap sebagai ladang gas alam terbesar kedua di dunia.

Gazprom saat ini sedang mengerjakan deposit Achimov yang sulit dijangkau untuk mengambil lebih banyak gas dan kondensat dari ladang Urengoyskoe. Cadangan C1 (yang dieksplorasi) dari deposit Achimov berjumlah lebih dari satu triliun meter kubik gas dan 400 juta ton kondensat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More