Perkuat Aliansi di Luar Negara Barat, Turki Resmi Daftar Jadi Anggota BRICS

Selasa, 03 September 2024 - 15:17 WIB
Perluasan lebih lanjut kelompok ini dapat dibahas dalam pertemuan puncak di Kazan, Rusia, pada 22-24 Oktober, kata sumber tersebut. Malaysia, Thailand, dan sekutu dekat Turki, Azerbaijan, termasuk di antara negara-negara lain yang ingin bergabung.

BRICS menyebut dirinya sebagai alternatif terhadap apa yang anggotanya anggap sebagai lembaga yang didominasi negara-negara Barat seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Anggota baru berpotensi mendapatkan akses terhadap pembiayaan melalui bank pembangunan serta memperluas hubungan politik dan perdagangan mereka.



Partai Keadilan dan Pembangunan yang dipimpin oleh Erdogan telah lama menuduh negara-negara Barat menggagalkan aspirasi Turki untuk mencapai swasembada industri pertahanan dan ekonomi yang kuat. Presiden telah berulang kali menyerukan perombakan Dewan Keamanan PBB untuk memperluas lima anggota tetapnya, dan menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Organisasi Kerjasama Shanghai, yang dibentuk oleh Rusia dan Tiongkok sebagai saingan NATO.
(fch)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More