5 Negara Afrika Jadi Importir Terbesar Gandum Rusia, Ini Daftarnya

Jum'at, 13 September 2024 - 08:02 WIB
Ia juga menambahkan, bahwa kementerian juga memperkirakan petani Rusia dapat meningkatkan produksi sebesar 25% dalam waktu enam tahun untuk memenuhi target presiden. Menteri Oksana Lut kemudian mengumumkan bahwa eksportir biji-bijian domestik akan mengalihkan fokus mereka ke pasar utama di Afrika Utara seiring sanksi Barat.

Sebagai informasi, Rusia menjadi pemasok utama gandum untuk Maroko pada bulan yang sama, melampaui Prancis, yang memegang posisi tersebut sejak 2019. Menurut kantor berita lokal, Maroko mengimpor lebih dari 61.800 ton gandum dari Rusia pada bulan Mei, mewakili sekitar 26% dari semua impor gandum. Polandia muncul sebagai pemasok terbesar kedua, sementara Prancis jatuh ke tempat ketiga.

Pada bulan April, Presiden Rusia, Vladimir Putin meminta sektor pertanian Rusia untuk meningkatkan ekspor sebesar 50% pada tahun 2030 dibandingkan dengan angka yang tercatat pada tahun 2021. Ekspor produk pertanian Rusia pada tahun itu berjumlah USD37 miliar.

Pada pertemuan dengan presiden pada bulan Februari, Menteri Pertanian saat itu Dmitry Patrushev melaporkan bahwa Moskow berhasil mengirimkan 200.000 ton gandum ke enam negara Afrika berpenghasilan rendah secara gratis, menjadikannya inisiatif kemanusiaan terbesar yang pernah dilakukan oleh Rusia.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More