Melihat Peluang Sektor Hilirisasi Pertanian-Perkebunan di Bunex 2024

Jum'at, 20 September 2024 - 19:55 WIB
“Semangat pembangunan perkebunan adalah bermitra dan berkolaborasi, serta saling menguatkan. Inilah yang menjadi fokus kita melaksanakan Bunex. Alhamdulillah semua pihak solid saling mendukung dan hadir, ini menjadi semangat baru bagi kita semua, serta menyadarkan bahwa kita itu bangsa besar," terangnya.

"Peluang itu harus kita manfaatkan sebesar-besarnya termasuk bagaimana mendorong pelaku usaha muda. Mereka sebenarnya butuh digandengkan, butuh difasilitasi atau dipertemukan dengan para pembeli. Tentu standar pasar harus dipenuhi maka dilakukan berbagai bimtek dan pendampingan,” jelasnya.

Diketahui, untuk persiapan implementasi B50, Direktorat Jenderal Perkebunan sedang berkolaborasi dengan semua pihak terkait, untuk mempertimbangkan segala aspek secara matang, karena nanti akan ada penyesuaian, berapa yang harus diekspor atau berapa yang harus digunakan untuk biodiesel.

Bahkan berapa kebutuhan konsumsi dalam negeri, sekaligus menghitung berapa peningkatan produksi maupun produktivitas kelapa sawit dan komoditas lain, yang bisa digunakan untuk energi dalam rangka menyongsong kebijakan B50.

Sedangkan terkait pengembangan tebu, Heru juga mengatakan, "Kita juga turut memfasilitasi terkait perbenihan dan menggunakan varietas baru, dan tentu kami juga akan melakukan evaluasi bersama dengan pelaku usaha, untuk melihat sejauh mana mereka bisa meningkatkan produksi tebu, pertama tentunya untuk swasembada gula konsumsi, kemudian nanti akan meningkat kepada swasembada gula secara nasional,".
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More