Investor Rusia Masuk IKN, Siap Groundbreaking Akhir September

Sabtu, 21 September 2024 - 15:21 WIB
Satu lagi investor asing terlibat dalam proyek pembangunan IKN, kali ini perusahaan real estat yang berasal dari Rusia. FOTO/Ilustrasi
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengumumkan satu lagi investor asing masuk ke IKN . Dengan perkembangan ini, total ada tiga investor asing yang telah terlibat dalam proyek pembangunan ibu kota baru tersebut.

Ketiga investor asing tersebut masing-masing berasal dari China, Australia, dan yang terbaru dari Rusia. Investor asal China adalah Delonix Group yang akan membangun mal, hotel, dan apartemen dengan investasi sekitar Rp500 miliar. Kemudian ada Australian Independent School yang ajan membangun lembaga pendidikan dengan nilai investasi Rp150 miliar.





Sementara yang terbaru adalah investor Rusia, yakni Magnum Estate yang akan berinvestasi untuk membangun kawasan mixed use di IKN. "Magnum ini dari Rusia," kata Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Sabtu (21/9/2024).

Basuki, mengatakan groundbreaking proyek milik para investor itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Acara seremonial itu akan menunggu dan mencocokkan dengan kunjungan Presiden ke IKN. Menurut Basuki, Presiden telah menjadwalkan kembali kunjungan kerjanya ke IKN setelah melakukan rapat kabinet pekan lalu.



Rencananya, kata dia, Presiden akan menyambangi IKN pada 24-27 September mendatang. Di sela-sela kunjungannya ke IKN itulah, Presiden akan melaksanakan groundbreaking untuk tahap VIII.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melaporkan total investasi yang masuk ke IKN sudah menembus angka Rp56,2 triliun. Investasi dari bermacam badan usaha ke IKN itu meliputi berbagai sektor, terdiri dari 6 proyek di bidang kesehatan, 3 proyek ritel, logistik 10 proyek, dan hotel 8 proyek.

Selanjutnya, di sektor energi dan transportasi 2 proyek, sektor perkantoran dan perbankan 14 proyek, hunian dan area hijau 9 proyek, serta media dan teknologi 3 proyek.
(fjo)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More