3 Proyek di India yang Didanai BRICS New Development Bank, Nilainya Tembus Rp10 Triliun

Rabu, 25 September 2024 - 14:15 WIB
BRICS New Development Bank (NDB) mendukung pendanaan pembangunan jalan di Gujarat. FOTO/iStock Photo
JAKARTA - BRICS New Development Bank (NDB) terus memperkuat kemitraan dengan India di berbagai sektor yang menjadi kepentingan bersama, termasuk energi terbarukan, transportasi, air dan sanitasi, serta infrastruktur sosial dan digital.

Rencana investasi tahun 2024, NDB menandatangani tiga perjanjian pinjaman senilai hampir USD700 juta atau setara Rp10 triliun untuk membangun jalan perdesaan di Gujarat, meremajakan badan air Lamphelpat di Manipur, dan mengembangkan sistem pembuangan limbah terpadu di ibu kota Imphal.

"NDB telah bekerja sama erat dengan Pemerintah India untuk mengatasi tantangan-tantangan ini dan mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan melalui pembiayaan, keahlian teknis, dan berbagi pengetahuan," ujar VP & COO NDB Vladimir Kazbekov dalam rangkaian kunjungannya ke India, belum lama ini dilansir dari laman resmi NDB, Rabu (25/9/2024).



Berikut 3 proyek pembangunan di India yang Dibiayai Brics New Development Bank

1. Pembangunan Jalan Perdesaan di Gujarat

Pinjaman sebesar USD500 juta untuk membangun 13.500 kilometer jalan perdesaan di Gujarat, memberikan manfaat bagi 12,5 juta orang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas pedesaan, menyediakan akses yang lebih mudah ke pasar, fasilitas kesehatan, dan pusat pendidikan di Gujarat.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, program ini juga akan memprioritaskan transformasi digital, peningkatan kapasitas, desain teknis, dan penelitian, untuk memastikan hasil yang positif dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Baca Juga: Daya Beli Dolar AS Makin Terpuruk, Tersisa hanya 3% di 2024

2. Pembangunan Sistem Pembuangan Limbah di Maniphur

Pinjaman sebesar USD 115 juta untuk Sistem Pembuangan Air Limbah Terpadu untuk kota Imphal, Manipur, untuk menyediakan layanan sanitasi yang lebih baik bagi seluruh rumah tangga dan meningkatkan kualitas air sungai Imphal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More