Bukti MIND ID Jalankan Pertambangan Baik: Pentingnya Keseimbangan Keuntungan dan TJSL

Selasa, 01 Oktober 2024 - 16:50 WIB
Holding BUMN Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) konsisten dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik. Foto/Dok
JAKARTA - Holding BUMN Industri Pertambangan Indonesia ( MIND ID ) konsisten dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik. Penghargaan ini menegaskan bahwa Group MIND ID sebagai perusahaan tambang berkelas global, terus berkomitmen menjalankan tata kelola pertambangan yang sesuai dengan prinsip Good Mining Practices (GMP) .

Melalui implementasi GMP seluruh unit bisnis, Group MIND ID mengelola fungsi lingkungan, memastikan keselamatan dan kesehatan kerja dan memberikan manfaat ekonomi yang optimal.

“Sebagai perusahaan industri pertambangan yang berkelas global, kami berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara kinerja operasional dan tanggung jawab lingkungan, sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar," ungkap Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf.



Holding BUMN Pertambangan, MIND ID meraih sejumlah penghargaan bergengsi dalam ajang Good Mining Practice (GMP) Award 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu (25/9/2024).



Anggota holding PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia, dam PT Vale Indonesia memboyong penghargaan atas langkah strategis dalam menjalankan pertambangan berkelanjutan.

Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia yang membuka secara resmi acara GMP Award 2024, menegaskan pentingnya keseimbangan antara keuntungan dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat atau TJSL.

Bahlil juga menekankan, perusahaan industri pertambangan harus konsisten dalam memperhatikan dampak dari setiap aspek pengelolaan operasional secara komprehensif, khususnya masyarakat dan lingkungan.

"Mineral dan batubara adalah salah satu komoditas unggulan kita. Kita tidak boleh terlena karena kita sudah punya target tahun 2060 Net Zero Emission. Pasca tambang itu penting, rakyat juga harus diperhatikan. Jangan sampai masyarakat tambang itu susah," tambahnya.

Pada GMP Award 2024, MIND ID Group meraih berbagai penghargaan penting, di antaranya ANTAM mendapat Penghargaan Prestasi Utama untuk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor dan Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat, dan Penghargaan Prestasi Pratama untuk Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara dan Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat.

Selanjutnya, BUKIT ASAM meraih Penghargaan Prestasi Utama untuk Unit Pertambangan Tanjung Enim, Penghargaan Prestasi Pratama untuk Unit Pertambangan Tanjung Enim dan Unit Pelabuhan Tarahan.

Freeport Indonesia mendapat Penghargaan Prestasi Utama dalam kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral. Adapun, Vale Indonesia mendapat Penghargaan Prestasi Utama untuk tambang di Sorowako, dan Penghargaan Prestasi Aditama untuk Pengelolaan Konservasi Mineral.
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More