Kemitraan Abadi! Berapa Bantuan Dana yang Sudah Dikirim AS kepada Israel?

Kamis, 03 Oktober 2024 - 12:01 WIB
Israel menjadi penerima utama bantuan luar negeri Amerika Serikat (AS) sejak lama. Sebagian besar di antaranya dialokasikan untuk kepentingan militer negara Yahudi tersebut. Foto/Dok
JAKARTA - Israel menjadi penerima utama bantuan luar negeri Amerika Serikat (AS) sejak lama. Sebagian besar di antaranya dialokasikan untuk kepentingan militer negara Yahudi tersebut.

Sejak pendirian Israel pada 1948, Amerika Serikat menjadi salah satu negara pertama yang mengakuinya. Tak berhenti di situ, mereka bahkan konsisten menjadi pendukung kuat Tel Aviv sampai sekarang.

Bukan hanya sebatas dukungan politik, AS selama ini sudah banyak memberikan bantuan dana untuk Israel. Nilainya sendiri menjadi yang paling banyak di antara negara-negara lain yang juga menerima sumbangan dari Negeri Paman Sam.



Berapa Bantuan Dana yang Dikirim AS kepada Israel?

Israel telah menerima ratusan miliaran dolar dari Amerika Serikat sejak era pasca-Perang Dunia II. Council Foreign Relations (Cfr) mencatat Tel Aviv sebagai penerima kumulatif terbesar bantuan luar negeri AS dengan nilai sekitar USD310 miliar.

Besaran yang didapat Israel per tahunnya cukup beragam. Namun, mengacu nota kesepahaman (MOU) terbaru yang disepakati AS beberapa waktu lalu, mereka memberikan Israel USD3,8 miliar per tahun hingga 2028 mendatang.

Pada bantuan yang diberikan AS, hampir semuanya dipakai Israel untuk kepentingan militer. Di antaranya untuk membiayai program pengembangan senjata dalam negeri, termasuk sistem pertahanan rudal canggih seperti Iron Dome.

Kemudian, Israel juga memakainya di bawah program Pendanaan Militer Asing (FMF). Dana yang masuk FMF harus digunakan Israel untuk membeli peralatan dan layanan militer dari Amerika Serikat.

Selain Israel, Amerika Serikat sebenarnya juga memberikan paket bantuan ke negara lain. Di Timur Tengah, ada beberapa nama seperti Mesir, Irak hingga Afghanistan.

Sementara di Eropa, saat ini ada Ukraina yang terus menjadi perhatian dalam perangnya melawan Rusia. Namun, semua itu tetap berbeda dari bantuan yang bisa diterima Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More