Bawang Goreng Mbrebes Mili, Inovasi UMKM Tembus Pasar Luar Negeri

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 16:18 WIB
Ia menegaskan bahwa minyak yang digunakan oleh Mbrebes Mili adalah minyak berkualitas yang masih layak untuk dikonsumsi.

"Minyak kami terjamin kualitasnya, tidak digunakan berulang kali, dan tetap jernih. Minyak bawang ini bisa digunakan untuk menumis, menggoreng telur, membuat nasi goreng, mie goreng, dan berbagai masakan lainnya," tambahnya.

Dini berambisi untuk membawa Mbrebes Mili ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk berpartisipasi dalam acara "Amazing Indonesia" di Arab Saudi. Ia tidak ingin berpuas diri dan berkomitmen untuk terus berinovasi demi mewujudkan impiannya agar Mbrebes Mili menjadi pemimpin pasar dalam kategori bawang goreng dan minyak bawang.

Selama tiga tahun terakhir, Mbrebes Mili telah mengikuti berbagai kompetisi bisnis dan meraih banyak penghargaan. Puncaknya, tahun ini Mbrebes Mili terpilih menjadi salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam "Amazing Indonesia" di Jeddah, Arab Saudi, pada 26-28 September 2024.

Proses menuju keikutsertaan ini dimulai dari Apresiasi Kreasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2023. Dari ratusan peserta, terpilih 40 UMKM yang dikurasi awal 2024, kemudian 20 di antaranya mengikuti pameran trade expo, dan akhirnya pada Agustus 2024, Mbrebes Mili masuk dalam daftar 10 besar peserta yang berkesempatan mengikuti Amazing Indonesia. "Namun, peserta harus membiayai sendiri transportasi dan akomodasi. Hanya dua peserta yang berangkat," kata Dini.

Dengan dukungan dari Yayasan INOTEK dan SETC di bawah Program Keberlanjutan "Sampoerna Untuk Indonesia", Dini tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini.

Tembus Pasar Internasional

Ivi Anggraeni, Direktur Eksekutif Yayasan INOTEK, menyampaikan bahwa Mbrebes Mili adalah salah satu UMKM yang dibina dan berpartisipasi dalam Program UMKM Untuk Indonesia (UUI). Ia percaya bahwa Mbrebes Mili memiliki peluang untuk menembus pasar internasional.

"Mbrebes Mili bukanlah sekadar UMKM biasa. Mereka menunjukkan inovasi dan kualitas luar biasa dari produk lokal kita. Dengan dukungan dan bimbingan dari Yayasan INOTEK serta SETC, kami yakin mereka mampu bersaing di pasar global," kata Ivi.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More