Tingkatkan Akses Keuangan Inklusif, FinExpo 2024 Digelar di Balikpapan

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 16:34 WIB
FinExpo 2024 digelar di Balikpapan mengusung tema Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Pameran Lembaga Jasa Keuangan atau Financial Expo (FinExpo), yang rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2018, kini hadir di salah satu kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Balikpapan.

Dengan mengusung tema "Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif", FinExpo 2024 resmi dibuka hari ini oleh Mohammad Ismail Riyadi (Plt. Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK), Wani Sabu (Ketua FinExpo 2024) dan Arjanto (Koordinator Acara FinExpo 2024) dan akan berlangsung selama 4 hari hingga 6 Oktober 2024 di Pentacity dan Ewalk BSB Mall.





Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi Regulator (Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan), Self Regulatory Organization (SRO), dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam mendukung kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK).

"Kegiatan FinExpo ini bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan secara masif di Indonesia, khususnya di Balikpapan, Kalimantan Timur," ujar Ketua FinExpo 2024, Wani Sabu dalam siaran pers, Jumat (4/10/2024).

FinExpo 2024 merupakan salah satu wujud implementasi "Gerakan Nasional Cerdas Keuangan" (GENCARKAN) yang telah dicanangkan pada Agustus lalu dan diharapkan dapat mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 98% di 2045.

Sebagai rangkaian kegiatan ini, akan diselenggarakan kick-off Bulan Inklusi Keuangan tahun 2024 pada tanggal 5 Oktober 2024 yang menghadirkan Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, serta Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi.

LJK yang terlibat dalam FinExpo 2024 terdiri berbagai sektor seperti perbankan, perasuransian, pasar modal, pembiayaan, pergadaian, dana pensiun, dan fintech, baik konvensional maupun syariah. Dalam momentum tersebut, LJK akan memberikan penawaran berbagai produk keuangan berinsentif seperti discount, bonus, cashback, dan reward. Akan ada banyak kompetisi seru: Fin Got Talent, FinFashion Show Wastra Borneo, Fin Smart, FinColouring Competition, FinQuiz LJK, FinFashion Show Muslim/Muslimah Modern, FinDa’I Cilik, dan FinReels Competition dengan total hadiah jutaan rupiah dengan informasi lebih lanjut melalui Instagram @finexpo.id.



Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara menarik mulai dari talkshow dan edukasi keuangan, konsultasi, product matching, mandarin night, bazaar UMKM, penampilan standup comedy oleh Egi Haw dan C. Pandaman, serta music performance dengan guest star musisi dan artis ternama: Kahitna, Fabio Asher, dan Marchella Mulyawan.

Pengunjung FinExpo berkesempatan unduk mendapatkan Grand Prize: All New Dihatsu Ayla dan doorprize harian dengan berbagai macam hadiah mulai dari Laptop, Handphone, Samsung TV Lcd 32', hingga Sepeda Gunung. Tunggu apalagi, ramaikan FinExpo 2024 di Balikpapan!
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More