Deretan Inovasi Digital Waskita Karya demi Dongkrak Produktivitas

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 17:33 WIB
Waskita Karya terus berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan adaptabilitas perusahaan salah satunya melalui penerapan teknologi digital. Foto/Dok
JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk terus berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan adaptabilitas perusahaan salah satunya melalui penerapan teknologi digital . Perseroan pun sudah melakukan penguatan tata Kelola IT dan inovasi terkait digital construction.



Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita mengatakan, Waskita turut memperkuat monitoring internal menggunakan aplikasi melalui Dashbord Management. “Implementasi Dashboard Management ini terintegrasi dari seluruh kegiatan operasional yang dapat memudahkan Top Management dalam memutuskan berbagai hal strategis,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (4/10/2025).



Ia menyebutkan, penerapan digitalisasi meliputi penguatan System Analysis and Product in Data Processing (SAP) dan Enterprise Resource Planning (ERP). Keduanya bertujuan untuk mengatur pengelolaan keuangan dan akuntansi, guna mendukung sentralisasi pembayaran dan penerapan pengendalian internal untuk proses pelaporan keuangan Internal Control Over Financial Report (ICOFR).



Perseroan lanjutnya, juga melakukan sentralisasi procurement, engineering, dan penerapan lean construction pada beberapa proyek yang sedang berjalan. Maka, proses bisnis Waskita menjadi lebih efisien dan agile.

“Penerapan tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan implementasi tata kelola perusahaan yang baik, terutama dalam hal transparansi monitoring proses bisnis di holding hingga ke proyek,” kata Ermy.

Dirinya menambahkan, berbagai proyek Waskita pun telah mengimplementasikan Building Information Modelling (BIM) sebagai salah satu pengembangan digitalisasi.

Dijelaskan, BIM merupakan platform digital yang dapat mengidentifikasi potensi kendala teknis pada sebuah proyek secara holistik sejak masa perancangan (critical stage) hingga teknis penyelesaian proyek. Perseroan menerapkan BIM pada setiap pembangunan proyek yang dikerjakan, guna menghadapi era digital dan teknologi konstruksi yang semakin berkembang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More