BUMN Berperan Penting selama Pandemi Covid-19 dan Era Pemulihan

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 18:27 WIB
Bank Dunia merilis laporan membahas tantangan pemerintah dan BUMN pada masa pandemi dan era pemulihan setelah Covid-19. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Bank Dunia merilis laporan bertajuk "Building SOE: Crisis Management and Resilience" membahas tantangan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) pada masa pandemi dan era pemulihan setelah Covid-19.

Bank Dunia menyatakan Covid-19 memberikan tekanan hebat kepada pemerintah, masyarakat, dan perusahaan termasuk BUMN. Siklus bisnis terganggu, pendapatan merosot tajam, dan risiko usaha tak terhindarkan.

Bank Dunia memitigasi risiko bisnis BUMN, risiko manajemen, peran BUMN dan kepemilikan begara, apa yang sudah dilakukan BUMN, hingga tantangan BUMN ke depan. Bank Dunia menegaskan BUMN memainkan peran penting sebelum pandemi Covid-19 dan akan terus melakukannya pasca-pandemi.





Secara global, BUMN telah menjadi salah satu perusahaan multinasional terbesar dan paling cepat berkembang dalam dua dekade terakhir. Dalam 10 tahun terakhir, sebuah studi IMF menemukan bahwa BUMN telah berlipat ganda dalam kepentingan di antara perusahaan terbesar di dunia sebesar USD45 triliun dengan aset mereka sekarang mencapai 50% dari total PDB global.

BUMN berperan dalam memenuhi kebutuhan persediaan medis selama pandemi. Ketika rantai pasokan reguler terganggu atau larangan ekspor untuk barang-barang utama, pemerintah melibatkan BUMN untuk menyediakan produk atau layanan medis.

Melansir dari laman resmi Bank Dunia, BUMN di Indonesia telah melakukan langkah strategis ini misalnya dengan membangun prototipe ventilator yang sangat dibutuhkan selama pamdemi. BUMN menyediakan segala kebutuhan medis yang diperlukan dan mendesak, hingga menyiapkan rumah sakit.

BUMN telah menjadi salah satu pemain utama dalam situasi darurat untuk memenuhi kebutuhan dasar publik, merestrukturisasi utang, menyediakan layanan, himgga tetap menjaga keseimbangan bisnis. Bank Dunia menyatakan dengan situasi ini BUMN menghadapi tantangan serius seperti masalah keuangan, pendapatan turun, pembatasan karyawan, bisnis tak berjalan baik, hingga persoalan distribusi.



Pemerintah pun memperkenalkan berbagai langkah dukungan untuk BUMN, termasuk bantuan keuangan melalui pinjaman, suntikan ekuitas, dan subsidi lainnya, terutama terbukti di sektor-sektor seperti penerbangan.

Pemerintah diminta mengurangi distorsi pasar BUMN melalui peningkatan tata kelola, restrukturisasi, IPO, dan memfasilitasi kolaborasi sektor swasta. Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam laporannya berjudul "Unlocking the Economic and social value of Indonesia’s State-Owned Enterprises" menyebut peran besar BUMN dalam ekonomi Indonesia. BUMN memainkan peran menonjol yang sudah berlangsung lama dalam perekonomian Indonesia, menyumbang lebih dari 56% PDB sejak 2019.

ADB menyebutkan BUMN memiliki peran dalam memberikan nilai ekonomi dan nilai sosial. Nilai ekonomi dapat dilihat dari semakin naiknya aset, pendapatan, dan profit BUMN. Sementara, nilai sosial bisa dilihat dari peran BUMN dalam menyediakan barang publik dalam bentuk PSO. Juga program sosial lainnya dalam berbagai bidang.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More