Kubur Dolar AS di Kazan, KTT BRICS Dilirik 30 Negara

Minggu, 20 Oktober 2024 - 10:34 WIB
KTT BRICS minggu depan, bakal mempertimbangkan opsi perluasan BRICS. Ada 30 negara yang telah menyatakan berminat untuk bekerja sama dengan kelompok BRICS. Foto/Dok
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, ada 30 negara yang telah menyatakan berminat untuk bekerja sama dengan kelompok BRICS . Disebutkan juga bahwa KTT BRICS minggu depan, bakal mempertimbangkan opsi perluasan BRICS .

"Pintunya terbuka, kami tidak melarang siapa pun," kata Putin kepada wartawan dari negara-negara BRICS seperti dilansir Reuters.





Beberapa inisiatif yang sebelumnya telah diuraikan menjelang KTT BRICS, disebutkan Rusia bakal mendorong sistem pembayaran lintas batas bersama atau BRICS pay dan pembentukan perusahaan reasuransi.

Putin mengatakan, bahwa anggota kelompok BRICS sedang mengerjakan sistem pesan keuangan seperti SWIFT yang kebal terhadap sanksi Barat dan penggunaan mata uang digital nasional dalam membiayai proyek investasi dengan potensi pertumbuhan tinggi di dalam dan di luar BRICS.

Ditekankan, bahwa inisiatif keuangan Rusia untuk KTT menyiratkan penggunaan mata uang nasional yang ekstensif, sementara pembicaraan tentang menciptakan mata uang BRICS masih "prematur".

Putin menyerukan New Development Bank -satu-satunya lembaga pembangunan multilateral BRICS yang berfungsi- untuk berinvestasi dalam teknologi dan infrastruktur di seluruh negara-negara di Global South.

"Sebagai lembaga pembangunan, bank sudah berfungsi sebagai alternatif untuk banyak mekanisme keuangan Barat, dan kami secara alami akan terus mengembangkannya," kata Putin.

Tidak ketinggalan, pemimpin Rusia ini meminta lebih banyak investasi di e-commerce dan Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Selain itu Putin juga berusaha untuk mempromosikan megaproyek transportasi baru Rusia seperti Rute Laut Arktik dan koridor Utara-ke-Selatan, yang menghubungkan Rusia ke Teluk dan Samudra Hindia melalui Laut Kaspia dan Iran.

"Ini adalah kunci untuk meningkatkan transportasi barang antara benua Eurasia dan Afrika," katanya.
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More