Perhatikan Hal Penting Ini untuk Memastikan Taman Atap Tetap Aman

Rabu, 15 April 2020 - 11:46 WIB
Di samping segala keuntungan yang dihasilkan roof garden, pembuatan taman di atap bangunan bisa juga mendatangkan masalah jika tidak dirancang dengan cermat. Foto/Istimewa
JAKARTA - Di samping segala keuntungan yang dihasilkan roof garden, pembuatan taman di atap bangunan bisa juga mendatangkan masalah jika tidak dirancang dengan cermat.

Kelembapan lantaran terserapnya air dalam lapisan kedap air bisa menurun. Problem lain yang sering muncul adalah kebocoran dan resapan air yang berkaitan dengan pelat datar atap.

Arsitek Deni Indra menjelaskan, hal penting dalam pembuatan taman atap (roof garden) ialah menyediakan saluran drainase. Untuk memperlancar pembuangan air, dapat digunakan dua sistem, yaitu drainase permukaan dan drainase resapan.

"Sistem ini dibuat setelah pelat cor beton ada untuk membuang kelebihan air tanah. Apalagi, konstruksi atap rawan bocor sehingga harus dilengkapi saluran pembuangan air," ungkap Deni.

Sebaiknya rencanakan titik-titik pembuangan serapan air dengan jumlah sesuai luas lahan. Misalnya, taman yang memiliki ukuran 10 m2 cukup menyediakan satu lubang floor drain menggunakan pipa berukuran 3–4 inci.



"Alternatif lainnya, lubang pembuangan dibuat setiap radius 6 meter," katanya.

Unsur keamanan juga tidak boleh luput dari perhatian. Keamanan pengguna roof garden, terutama kala beraktivitas, mutlak diperhitungkan secara matang. Apalagi bila sebagian besar pengguna adalah anak-anak, tentu pengamanan harus ekstra.

"Kepiawaian dan kecermatan harus benar-benar dibutuhkan untuk bisa menampilkan taman atap yang sempurna. Jangan lupa untuk menyediakan pagar agar lebih aman," ucap Deni.

Selain aman digunakan, penerangan taman atap juga harus diperhitungkan, terlebih pada malam hari. Anda bisa menggunakan lampu taman yang bisa digunakan di setiap sudut taman atap.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More