Pertagas Niaga kembali Pasang Sambungan Jargas di Kaltim

Jum'at, 06 November 2020 - 12:13 WIB
Foto/dok
PENAJAM PASER UTARA - Pertagas Niaga (PTGN) , perusahaan yang terafiliasi dengan subholding gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk pada Rabu (04/11) ditunjuk untuk mengelola dan mengoperasikan sebanyak 5.062 sambungan rumah tangga (SR) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, secara bertahap.

Dari program tersebut pengaliran gas tahap pertama dilakukan di Sektor 6 Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam. Sebelumnya, pada 2019, juga telah terpasang sebanyak 4.260 SR jaringan gas (jargas) kota di Penajam Paser Utara sehingga kini jumlah rumah yang telah terpasangi jaringan total sebanyak 9.322 SR dengan sistem pascabayar. (Baca: Amalan Ringan Ini Bisa Menjadi Pembuka Berkah)

Program jargas kota yang merupakan program strategis pemerintah ini terus berlanjut sebagai upaya untuk menekan subsidi elpiji serta mendorong diversifikasi energi.

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” kata Presiden Direktur PTGN Linda Sunarti dalam keterangan pers di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, pengaliran jargas tahap kedua di wilayah itu akan dilakukan bertahap di Desa Giri Mukti, Giri Purwa, Sidorejo, Kelurahan Lawe, Petung dan Waru. Jaringan gas kota di kabupaten ini mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebanyak 0.2 MMSCFD. Pembangunan jargas dilakukan oleh Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM dengan APBN 2020.



Linda selanjutnya juga berpesan agar warga dapat menjaga jaringan gas di lingkungan sekitarnya sehingga jaringan awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang. Pertagas Niaga menargetkan sambungan jaringan gas tahap beroperasi seluruhnya dalam tiga bulan ke depan. (Lihat videonya: Status Gunung Merapi Naik ke Level Siaga)

Sekadar informasi, PTGN merupakan badan usaha yang ditunjuk oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM, untuk mengelola dan mengoperasikan jaringan gas di beberapa lokasi di Provinsi Kalimantan Timur seperti Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Balikpapan & Kota Bontang. (Yanto Kusdiantono)
(ysw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More