Likuiditas Pasar Global Melimpah, Akankah Mengalir ke Indonesia?

Selasa, 24 November 2020 - 13:51 WIB
Berlebihnya likuiditas di pasar global seharusnya dapat diarahkan untuk mengalir ke dalam negeri. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Likuiditas di pasar global saat ini dinilai begitu melimpah. Hal itu disebabkan adanya kebijakan baik fiskal maupun moneter dari negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, yang sama-sama menyuntik dana ke pasar keuangan .

(Baca Juga: Ekonomi Global Tahun Depan Masih Diselimuti Awan Gelap)

"Jadi likuiditasnya cukup melimpah. Indonesia seharusnya bisa mendapatkan aliran dana asing ini," kata Analis Fixed Income PT Pefindo Ahmad Nasrudin dalam Market Review IDX Channel, Selasa (24/11/2020).

Dia menjelaskan, Indonesia mempunyai kesempatan besar menerima aliran dana ini karena dari segi pemulihan ekonomi sedang tumbuh. Meskipun masuk dalam zona resesi, tapi secara kuartalan pertumbuhan ekonomi negara ini meningkat. "Pertumbuhan ekonomi menjadi suatu sinyal yang positif," terangnya.

Ia menambahkan, jika dilihat dari trennya, perkembangan dana asing yang masuk ke Indonesia sudah mulai tumbuh. Namun, kebanyakan investor asing masih wait and see terhadap kebijakan pemulihan ekonomi yang akan dikeluarkan oleh pemerintah.



(Baca Juga: Genjot Ekonomi, BI Gerujuk Likuiditas Rp680,98 Triliun)

"Kalau kita lihat perkembangannya asing perlahan sudah masuk tapi masih menunggu kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi," jelasnya.
(fai)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More