Bangkitkan UMKM, BRI Kembali Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020

Rabu, 02 Desember 2020 - 10:57 WIB
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Bank BRI kembali menggelar pameran industri kreatif UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian HUT Bank BRI ke-125 dan sebagai upaya perseroan mendorong kebangkitan UMKM .

Rangkaian acara BRILIANPRENEUR 2020 dimulai sejak tanggal 1-15 Desember 2020, dan puncak acara akan berlangsung pada tanggal 10-13 Desember 2020.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 memamerkan lebih dari 400 UMKM yang berorientasi ekspor, terdiri dari Kategori Fashion, Home Décor & Craft, Accessories & Beauty dan Food & Beverage. ( Baca juga:Tanpa Libur Panjang, Perayaan Natal Tetap Akan Mendongkrak Konsumsi Masyarakat )

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan peran UMKM di Indonesia sangat penting dalam membangun kekuatan dan menjadi penggerak ekonomi nasional.

"Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 merupakan salah satu strategi kami dalam memberdayakan UMKM Naik Kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global. Kami juga siap membantu mereka dalam mengekspor produk,” ujarnya saat webinar di Jakarta, Rabu (2/12/2020).



UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 digelar dengan konsep pameran hybrid, yaitu terselenggara dalam bentuk UMKM Virtual Exhibition & UMKM Showcase melalui berbagai instalasi seni yang memikat.

Sunarso menuturkan BRILIANPRENEUR 2020 bertujuan untuk memberikan wadah dan menampilkan hasil karya produk terbaik UMKM Indonesia serta mendorong peningkatan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar internasional.

"Ini juga bentuk komitmen kami dan salah satu langkah strategi untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk perluasan pasar ekspor," sebut dia. ( Baca juga:Kawasaki Ninja 250 2 Silinder 2021 Resmi Diperkenalkan )

Walaupun di masa pandemi, Bank BRI menyiasati gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 tahun ini dengan konsep bazaar online yang dikemas menarik dengan berbagai program diskon bagi nasabah Bank BRI dan menyelenggarakan business matching secara virtual dengan strategi tetap mengirimkan sampel produk F&B kepada para mitra di luar negeri.

Berada di tengah krisis akibat pandemi, BRI akan terus berkomitmen membantu UMKM agar tetap terhubung dengan pasar dan memperluas jangkauan penjualan produk. Untuk menjangkau buyer internasional, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 dilengkapi dengan platform 3D Virtual Expo yang akan menampilkan produk UMKM dalam kemasan digital.

"Tahun lalu kita hadirkan secara fisik ada sekitar 74 buyer dari luar negeri dan ada interaksi antara penjual dan pembeli. Karena ini virtual, makanya harapannya acara tahun ini tidak kurang dari hasil yang kita jangkau tahun lalu," katanya.
(uka)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More