Trik Jitu Bikin Furnitur Kayu Tetap Cantik dan Indah

Senin, 07 Desember 2020 - 20:01 WIB
Furnitur kayu memberikan kesan alami di dalam rumah. (Foto: Dok/Casa Indonesia)
JAKARTA - MATERIAL kayu selalu menjadi pilihan menarik untuk furnitur. Pesonanya bisa memberikan nuansa hangat dan dapat disesuaikan dengan berbagai gaya interior.

Terlebih lagi, furnitur kayu merupakan jenis furnitur yang dapat digunakan untuk waktu yang lama. Namun, perawatannya tentu harus benar-benar diperhatikan agar senantiasa awet.

"Ada faktor yang kita lupakan, namun ternyata juga mempengaruhi kualitas dan keawetan furnitur kayu, yakni perilaku kita sehari-hari di rumah," ujar desainer interior, Lea Aziz.

Salah satu cara yang salah misalnya memindahkan perabot dengan cara digeser, bukan diangkat. Lea menyarankan untuk menghindari penggunaan alas plastik atau vinil karena dapat memudarkan warna pelapis pada furnitur.

Merawat furnitur kayu terbilang cukup rumit, namun Anda harus memastikan terlebih dahulu untuk mengelap seluruh permukaan dengan kain bersih. Untuk membersihkan ukirannya, Anda dapat menggunakan kuas berih atau sikat lembut.



Setelah itu, gosok furnitur dengan menggunakan semir sepatu padat atau kemiri yang sudah dibakar untuk furnitur yang berwarna gelap. "Furnitur berwarna terang, perawatannya hanya menggunakan semir sepatu yang bening atau kemiri tumbuk yang sudah dibungkus kain, kemudian lap kembali mebel kayu dengan kain halus," tegasnya.

Jauhi furnitur kayu dari serangan panas matahari secara langsung, karena dapat merusak warna dan lapisan finishing-nya. Jangan lupa untuk melapisi ulang lapisan furnitur maksimal sebulan sekali.
(wan)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More