Tarik Balik Investor dan Profesional, UEA Tawarkan Kewarganegaraan

Minggu, 31 Januari 2021 - 07:14 WIB
UEA mengeluarkan aturan baru terkait kewarganegaraan demi menarik kembali investor dan profesional asing ke negara tersebut. Foto/Dok. SINDOnews
DUBAI - Uni Emirat Arab (UEA) mengadopsi amandemen yang memungkinkan negara teluk itu untuk memberikan kewarganegaraan kepada investor dan profesional, termasuk ilmuwan, dokter dan keluarga mereka.



Sebagai produsen minyak dan gas, ekonomi UEA mengalami tekanan setelah dilanda pandemi virus Corona dan harga minyak yang rendah, yang mendorong puluhan ribu ekspatriat untuk pergi.

"Kabinet UEA, pengadilan lokal Emiri dan dewan eksekutif akan mencalonkan mereka yang memenuhi syarat untuk kewarganegaraan di bawah kriteria yang jelas yang ditetapkan untuk setiap kategori," ungkap penguasa Dubai dan Wakil Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum seperti dikutip dari Reuters, Minggu (31/1/2021).

Menariknya, undang-undang baru itu juga mengizinkan penerima paspor UEA untuk tetap memiliki kewarganegaraan mereka. Meski tidak jelas apakah pemegang paspor baru juga akan mendapat manfaat sistem kesejahteraan masyarakat di negara itu.



Diketahui, UEA menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk pendidikan gratis, perawatan kesehatan, pinjaman perumahan dan hibah untuk sekitar 1,4 juta warganya.



Orang asing di UEA biasanya memiliki visa yang dapat diperbarui yang berlaku hanya untuk beberapa tahun terkait dengan pekerjaan. Pemerintah UEA baru-baru ini juga telah membuat kebijakan visanya lebih fleksibel, menawarkan masa tinggal yang lebih lama untuk jenis investor, pelajar dan profesional tertentu.

Tahun lalu, pemerintah memperpanjang sistem visa "emas" - yang memberikan izin tinggal selama 10 tahun di negara Teluk - untuk profesional tertentu, pemegang gelar khusus, dan lainnya.
(fai)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More