Berlanjut di 2021, Gelombang 14 Kartu Prakerja Punya Fitur Baru

Kamis, 11 Maret 2021 - 00:02 WIB
Foto/Ist
JAKARTA - Program Kartu Prakerja dinilai mampu membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terimbas pandemi Covid-19. Makanya, pemerintah pun kembali melanjutkan program tersebut di tahun ini dengan anggaran yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni Rp 20 triliun.

Rudy Salahudin, Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian menyebutkan Program Kartu Prakerja mengemban dua misi. Pertama untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja, lalu(kedua) membantu daya beli masyarakat yang terdampak pandemi.

“Program Kartu Prakerja sendiri masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada kelompok perlindungan sosial,” terangnya dalam Dialog Publik bertema Perkembangan Program Kartu Prakerja yang diselenggarakan KPCPEN, Rabu (10/3/2021).

Rudy Salahudin menyampaikan hasil pelaksanaan program Kartu Prakerja di 2020 yang memuaskan. Pada 2020, ada 12 gelombang Kartu Prakerja yang dikeluarkan dan sangat inklusif dalam menyentuh 514 kabupaten/kota di Indonesia. ( Baca juga:Begini Cara Cek Dana Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang ke-13 )

"Dengan jumlah penerima SK Kartu Prakerja mencapai 5,9 juta, menjangkau masyarakat difabel, kabupaten tertinggal, lulusan SDSMP, masyarakat lansia, mantan TKI, serta masyarakat yang tidak memiliki rekening bank. Ini salah satu keberhasilan program Kartu Prakerja 2020,” terang Rudy.



Sementara itu, Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, menambahkan, menurut hasil survei BPS, pada 2020 sebanyak 88,9% penerima Kartu Prakerja mengatakan keterampilan kerja mereka meningkat.

"Dan 81% penerima bantuan memanfaatkan intensif sebesar Rp600 ribu tersebut untuk kebutuhan sehari-hari,” tutur Denni.

Senada dengan keterangan tersebut, Yumna Via Hasiany, peserta Kartu Prakerja Gelombang 2 menceritakan pengalamannya mengikuti program Kartu Prakerja. Dia mengikuti program Kartu Prakerja di Maret-April 2020, dan di Juni 2020 sudah mendapat pekerjaan di bidang IT.

"Pelatihan tersebut berguna sekali karena yang saya ambil benar-benar bisa diterapkan di dalam pekerjaan saya saat ini. Pekerjaan saya di bidang programing web yang sesuai dengan pelatihan yang saya ambil,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More