Libatkan Masyarakat, Restorasi Gambut Beri Manfaat Secara Ekonomi

Selasa, 17 Agustus 2021 - 18:49 WIB
Foto Ilustrasi/Istimewa
JAKARTA - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) berupaya melibatkan masyarakat pada seluruh pelaksanaan rehabilitas mangrove dan restorasi gambut yang bertujuan memberi manfaat secara ekonomi .

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, tema yang diusung adalah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Tema ini menyimpan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dimasa yang akan datang.



Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, Hartono mengatakan perwujudan semangat ini, tercermin dalam kegiatan yang dilakukan BRGM. BRGM memiliki tugas untuk memfasilitasi pelaksanaan restorasi gambut serta upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelaksanaan percepatan rehabilitasi mangrove.

“Pelaksanaan kegiatan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove ini melibatkan masyarakat secara langsung. Masyarakat dekat dengan ekosistem ini,” kata Hartono dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (17/8/2021).



Selain itu, pelibatan masyarakat sebagai pelaksana juga dilakukan untuk memastikan adanya keberlanjutan dari program yang dijalankan BRGM. Juga, untuk memastikan masyarakat mendapat manfaat langsung, tidak hanya terpulihnya ekologi, tapi juga manfaat ekonomi.

Menurut Hartono, pelaksanaan kegiatan rehabilitasi mangrove tahun 2021 melibatkan 464 Pokmas dengan rata-rata anggota sekitar 34 orang yang tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua dan Papua Barat.

Untuk restorasi gambut, tambah Hartono, sekitar 1.155 kelompok masyarakat terlibat dalam pembangunan infrastruktur pembasahan gambut tahun ini di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

Kolaborasi juga dilakukan BRGM bersama Pemerintah Pusat, diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Desa. Selain itu, BRGM juga bekerjasama dengan pemerintah daerah wilayah kerja target restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More