Bertemu Pengusaha Turki, Menteri Basuki Tawarkan 9 Proyek Tol dan Bendungan

Sabtu, 06 November 2021 - 16:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (dua kiri) dalam pertemuan dengan pengusaha Turki. Foto/Ist
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak para pengusaha Turki untuk berinvestasi di sektor infrastruktur seperti jalan tol dan bendungan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan saat Basuki yang didampingi Duta Besar RI untuk Turki Lalu M. Iqbal melakukan pertemuan dengan Presiden Asosiasi Kontraktor Turki Erdal Eren dan Asosiasi Konsultan Irfan Aker beserta anggota di Turki pada Jumat (5/11/2021). Pertemuan ini sekaligus menindaklanjuti pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Turki sebelumnya yang dilakukan secara virtual pada Juni 2020.

Kepada sejumlah perwakilan investor Turki, Basuki membuka peluang investasi dari 24 proyek baik yang bersifat solicited dan unsolicited senilai USD19 miliar atau setara Rp272 triliun.



Terdapat juga 10 proyek Public Private Partnership (PPP) yang ditawarkan senilai USD9,2 miliar atau hampir Rp132 triliun. Proyek-proyek tersebut terdiri dari 9 proyek jalan tol dan 1 proyek bendungan.



“Terdapat banyak potensi investasi antara Indonesia dan Turki. Kami mendorong para kontraktor dan konsultan Turki untuk berinvestasi di berbagai sektor infrastruktur baik melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), maupun Engineering, Procurement, Construction (EPC),” kata Basuki, melalui pernyataan resminya, dikutip Sabtu (6/11/2021).

Adapun sembilan proyek tol yang dimaksud Basuki adalah Jalan Tol Semanan - Balaraja sepanjang 32,7 km, Jalan Tol Sentul Selatan - Karang Barat sepanjang 61,5 km, Jalan Tol Sukabumi - Ciranjang sepanjang 26 km, Jalan Tol Ciranjang - Padalarang sepanjang 28 km.

Kemudian Jalan Tol Malang - Kepanjen 29,7 km, Jalan Tol Kamal - Teluk Naga - Rajeg 28,6 km, Jalan Tol Semarang harbour 20,8 km, Jalan Tol Bogor - Serpong 31 km, dan Jalan Tol Cikunir - Karawaci Elevated 40 km.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More