Sinyal Pemulihan, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Naik Signifikan

Senin, 13 Desember 2021 - 23:26 WIB
Calon penumpang pesawat di bandara Soekarno Hatta. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin memastikan, jumlah trafik penumpang domestik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berada dalam tahap pemulihan. Saat ini rasio pergerakan penumpang (traffic) mencapai 68-70 persen.

Dalam hitungannya, presentasi traffic di bandara Soetta tersebut cukup progres. Khusus pergerakan penumpang domestik saat ini mencapai 74-78 persen. Sementara, rute penerbangan internasional di kisaran 22-24 persen.

"Posisi ini sudah lebih baik dibandingkan tahun 2019 lalu. Mudah-mudahan situasinya bisa kita pertahankan dengan bagus," ungkapnya saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (13/12/2021).



Awaluddin mengungkapkan bahwa sebenarnya Bandara Soekarno-Hatta cenderung lebih kuat di segmen penumpang domestik. Dia pun meyakini, pergerakan penumpang akan segera kembali ke posisi sebelum pandemi Covid-19.



"Untuk menembus ke batas 74-78 persen itu diperkirakan tidak akan lama lagi. Kita punya jangkar domestik yaitu di Bandara Soekarno-Hatta, ini yang mungkin membantu. Berbeda dengan Denpasar (Bandara Ngurah Rai), yang memang secara rasio terbalik (antara jumlah penumpang) domestik dan internasional," bebernya.

Dia menambahkan, seiring traffic yang berangsur-angsur pulih, Bandara Soekarno-Hatta saat ini telah mencetak kinerja positif. “Bandara Soekarno-Hatta per Kuartal IV/2021 telah mampu membukukan operating cash flow yang positif. Artinya, hasil yang didapat dari operasional bandara lebih tinggi dibandingkan dengan biaya operasional (operating expense/opex),” katanya.



Sejalan dengan itu, Bandara Soetta juga sudah mencetak Earning Before Interest Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang positif. Indikator-indikator ini menunjukkan baiknya kinerja Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi, dan akan sangat mendukung kinerja AP II secara menyeluruh
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More