Masalah Keuangan yang Sering Dialami Pelaku UMKM oleh Team Prodi MNJ UBakrie

Kamis, 24 Maret 2022 - 17:58 WIB
Bisa dikatakan bahwa masalah modal adalah hal yang klasik. Memang dalam banyak seminar motivasi sering digencarkan ide-ide untuk bisnis tanpa modal. Tapi, bagi setiap orang yang sudah terjun ke dunia bisnis, pasti akan memiliki pandangan tersendiri tentang ini.

Pada praktiknya modal finansial selalu dibutuhkan. Sebagai solusinya, pemilik bisnis UMKM bisa juga untuk mendapat dana dari angel investor seperti yang berlaku pada perusahaan rintisan atau startup.

3. Tentang Ketepatan Waktu dalam Pembayaran

Sebuah bisnis memang selalu terkait dengan banyak pihak, misalnya supplier, pemilik ruko, dan tentunya customer. Semua pihak menginginkan ketepatan waktu, apalagi menyangkut tagihan atau pembayaran.

Memang jika terjadi keterlambatan sesekali dapat ditoleransi, tapi keterlambatan pengiriman secara konsisten bisa merugikan bisnis UMKM di bidang apapun. Hubungan supplier yang rusak, terputus dari layanan yang dibutuhkan, dan risiko terjerat utang yang dapat berdampak besar pada kesehatan keuangan perusahaan.

4. Masalah Pembukuan

Masalah pembukuan termasuk hal dasar dari sbuah sistem akuntansi bisnis yang telah diatur menurut Pasal 28 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007. Dalam setiap pembukuan, idealnya memang harus bisa menampilkan informasi dasar berupa pemasukan dan pengeluaran.

Pembukuan yang baik disusun sistematis dan rinci agar bisa memberi gambaran yang valid terkait semua aktivitas bisnis yang berhubungan dengan uang dan barang. Bahkan juga menyangkut aspek lain, misalnya utang piutang.

Apa jadinya jika pengelola bisnis tidak memprioritaskan pencatatan keuangan yang rapi? Tentu akan menjadi risiko tersendiri dan patut disayangkan karena tidak bisa mengetahui jumlah omzet dan keuntungan bersih yang diperoleh setiap bulannya. Apalagi jika posisinya sudah ada investor yang membantu permodalan dan business owner harus melapor kepada investor secara berkala.

5. Pengeluaran Tidak Terduga
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More