Realisasi Investasi Sulsel Tahun 2021 Tembus Rp16,6 Triliun

Rabu, 13 April 2022 - 15:21 WIB
Fajar mengimbuhkan selain memperkuat transaksi antar daerah, pertumbuhan ekonomi daerah juga harus didukung dengan perdagangan antar luar Sulsel. Terkhusus, dalam industri pariwisata sebagai salah satu sektor andalan di Sulsel, yang perlu terus didorong, termasuk melalui pengembangan potensi quality tourism di beberapa destinasi wisata unggulan seperti Selayar, Toraja, dan Bulukumba, serta pengembangan Geopark Maros Pangkep sebagai UNESCO Global Geopark.



“Ini kan ada empat sektor, ada investasi ada perdagangan, ada industri, ada pariwisata, jadinya kalau daerah itu mau tumbuh ya harus melakukan transaksi dengan daerah lain. Lalu industrinya untuk perdagangan itu harus disuplai oleh industri, jadi dengan adanya transaksi dengan luar inilah ekonomi suatu daerah itu untuk maju, memang perlu didukung investasinya, baik investasi di bidang usaha tersebut maupun investasi infrastruktur dan sarana pendukung lainnya jadi makanya ini juga empat sektor utama itu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan," tuturnya.

Sementara itu, tercatat realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp4,5 triliun meningkat 37% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari sisi perdagangan, Sulsel mencatatkan surplus perdagangan sebesar US$340 juta pada triwulan IV 2021. Komoditas nikel menyumbang ekspor dengan pangsa tertinggi atau sebesar 51%, disusul dengan besi dan baja, diikuti ikan dan udang dengan negara tujuan ekspor utama Sulsel adalah Jepang, Tiongkok, dan Amerika Serikat.
(tri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More